13.8 C
New York
Kamis, Desember 1, 2022
spot_imgspot_img

Tapanuli Utara Diguncang Gempa 6 M

Jakarta – Tapanui Utara(Taput), Provinsi Sumatera Utara, diguncang gmpa bumi. Kabupaten didekat Danau Toba itu diguncang gempa berkekuatan magnitudo (M) 6. Dilaporkan, pusat gempa berada di darat.

BMKG melalui akun Twitter resminya, Sabtu (1/10/2022) mengungkapkan, Gempa terjadi pada pukul 02.28 WIB, dikedalaman 10 kilometer. “Pusat gempa berada di darat 15 km barat laut Tapanuli Utara,” tulis BMKG.

Sementara Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono mengatakan, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar besar Sumatera segmen renun.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip). Gempa di Tapanuli Utara ini berdampak merusak di Tarutung dan sekitarnya dengan skala intensitas VI MMI.

Titik koordinat gempa ada pada 2,13 lintang utara dan 98,89 bujur timur. Gempa dirasakan pada skala MMI VI di Tarutung, skala MMI IV di Singkil, V di Sipahutar, III di Tapaktuan dan skala MMI III di Gunung Sitoli.

Pada pukul 04.30 WIB, hasil monitoring BMKG terhadap gempa di Tarutung Mag. 5,8 menunjukkan telah terjadi lebih dari 30 kali aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 5,1 dan magnitudo terkecil 2,5.

Belum ada laporan secara detail perihal wilayah mana saja merasakan gempa tersebut. Meski tidak berpotensi tsunami, BMKG mengimbau agar masyarakat di Tapanuli Utara untuk waspada terhadap gempa bumi susulan yang bisa saja terjadi.(am)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

143FansSuka
51PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles