13.8 C
New York
Jumat, September 30, 2022
spot_imgspot_img

Wali Kota Batam Ungkap Bicara di Hadapan Kadis se-Indonesia

Batam – Kota Batam kedatangan 78 pejabat dan kepala dinas (kadis) dari berbagai provinsi di Indonesia, Senin (1/8/2022) hingga Jumat (5/8/2022). Kedatangan mereka sempena mengikuti kegiatan Visitasi Kepemimpinan Nasional dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XII Tahun 2022 Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Provinsi Kepulauan Riau yang diadakan di Swiss-Belhotel Harbour Bay, Batuampar.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyambut hangat kehadiran peserta VKN di Batam. Menurutnya, Batam dengan segala fasilitasnya siap menyambut beragam kegiatan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition (MICE) yang diadakan di kota yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia ini. Terlebih, dalam beberapa waktu terakhir ini pihaknya getol melakukan pembangunan di Kota Batam.

“Kami upayakan untuk terus membangun infrastruktur Batam, agar ekonomi juga terus bergerak. Terbukti, Batam jadi kota yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri,” ujar Rudi dihadapan para peserta VKN

Selama menjabat sebagai Wali Kota Batam yang juga sekaligus Kepala Badan Pengusahaan Batam, pihaknya telah mengubah wajah kota Batam dengan melakukan berbagai pembangunan fisik. Antara lain, pembangunan insfrastruktur jalan, misalnya Jalan Gajah Mada, Jalan Yos Sudarso, Jalan Ahmad Yani, Jalan R Suprapto, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, juga pembangunan Bandara Internasional Hang Nadim Batam dari 2021-2024, agar kapasitasnya bisa meningkat dan mampu menampung 40-50 juta penumpang dalam setahun. Termasuk, pembangunan gedung Kargo Hang Nadim.

“Yang terbaru, adalah pembangunan Masjid Tanjak di kawasan Hang Nadim, yang merupakan fasilitas ibadah umat muslim, sekaligus dapat menjadi destinasi wisata religi di kota ini,” katanya.

Tak hanya itu, ada juga pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan internasional Sekupang dan Thumbay University. Hal itu juga selaras dengan pembangunan Taman Kolam Sekupang.

Selain pemaparan dari Wali Kota Batam, para peserta VKN juga disuguhi berbagai hal menarik di Kota Batam. Antara lain, penampilan fashion show batik Batam binaan Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi yang juga adalah Wakil Gubernur (Wagub) Kepri.

Ada juga hiburan berupa tari Melayu kreasi dari Sanggar Wan Sendari serta suguhan musik melayu dari Malaykuistik.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, menyambut baik kehadiran kepala dinas se-Indonesia di kota ini. Ia berharap, para peserta dapat mengeksplorasi keindahan Kota Batam dan suatu ketika nanti kembali lagi berkunjung ke kota ini.

“Kami juga harapkan ada pergerakan ekonomi terutama sektor jasa dan perdagangan atas kehadiran puluhan peserta ini di Kota Batam,” ujar Ardi, yang juga menjadi peserta VKN bersama kadis lain dari Batam, seperti Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau; Kepala Satpol PP Batam, Reza Khadafy, dan Kepala Bapelitbanda Batam, Dahlina N.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai, mengaku gembira dengan sambutan Kota Batam atas kehadiran peserta VKN. Selain itu, pihaknya juga mengaku kagum dengan pengembangan Kota Batam.

“Kegiatan visitasi ini sangat luar biasa, karena begitu sampai di Batam, kami dibawa mengunjungi Masjid Tanjak yang desainnya sangat unik,” katanya.

Ia juga berharap, para peserta dapat menambah wawasan dan pengetahuan selama kegiatan visitasi, agar dapat diterapkan ke instansinya masing-masing sekembali dari pendidikan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles