TPID Tinjau Stok Beras di Gudang Bulog dan Pastikan Cukup

oleh -
oleh

Batam – Wakil Ketua Tim Pengendali Informasi Daerah (TPID) Provinsi Kepri, Suryono bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mendatangi Gudang II Bulog, Batu Ampar. Pada peninjauan itu, kedua petinggi Kepri, Selasa (27/2/2024), dimaksudkan untuk memastikan ketersediaaan beras.

Suryono yang juga Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), melakukan pengecekan stok, jelang bulan Ramadhan. Sekaligus, peninjauan untuk menjawab kekhawatiran masyarakat atas stok beras. “Kita meninjau ketersediaan beras, di gudang Bulog,” kata Suryono.

Dari hasil peninjauan itu, Suryono dan Gubernur mengatakan, ketersedian atau stok beras untuk wilayah Kepri terbilang aman hingga 4 sampai 5 bulan kedepan, meski beberapa daerah di Indonesia mengalami keniakkan harga beras yang cukup signifikan.

“Kita sudah lihat bersama, bahwa ketersedian dan stok beras kita (di gudang buloq,red) terbilang aman dan sangat mencukupi hingga 4 sampai 5 bulan kedepan. Dan ini semua tidak lepas dari sinergitas yang baik antara TPID Kepri dengan Pemerintah Provinsi Kepri serta institusi,” tegas Suryono.

Pihaknya juga menegaskan, cadangan beras yang ada saat ini terbilang masih aman. Dimana saat ini, persedian di Bulog saja diatas 1.000 ton. Sementara di Asosiasi Distributor diatas 20.000 ton.

“Tidak perlu khawatir. Stok beras cukup. Kami himbau seluruh masyarakat Kepri untuk resah maupun sampai panic buying. Mengingat, Stok Beras di Kepri masih sangat aman,” imbuh Suryono.

Ditempat sama, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengapresiasikan kinerja BI Kepri, TPID Kepri, Pemerintah Daerah serta institusi terkait dalam mengawal dan mengendalikan harga, sehingga fluktuasi di daerah tetap terjaga.

“Baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten dan Kota, sehingga inflasi bisa tetap terjaga,” terangnya.

Sementara terkait kenaikkan harga beras ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dalam menjaga ketersedian stok beras. “Mengingat, dalam waktu dekat akan memasuki bulan suci ramadhan dan dilanjutkan dengan Hari Raya Idul Fitri,l bebern Ansar.

Diakui Ansar, Pemerintah juga telah meluncurkan program bantuan pangan untuk masyarakat. Dimana hal ini juga merupakan ‘senjata ampuh’ untuk menjaga kestabilitas harga di pasaran.

“ketiga, kita akan terus bekerjasama dnegan bulog dan Bank Indonesia guna melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya operasi pasar, terutama untuk komoditas beras jika dibutuhkan,” tambahnya.

Dan pihaknya juga sudah memantau beberapa hari ini, bahwa harga beras bulog yang dijual dipasaran masih dalam kondisi stabil dan sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan bulog.

“Ini semua, akan kita kontrol bersama agar kebutuhan pokok bagi masyarakat ini (beras,red) tersedia dengan baik. Dan kita juga melakukan komunikasi terus, dan melakukan kontrol akan ketersedian pokok lainnya, salah satunya Cabai,” tegasnya.(am)

No More Posts Available.

No more pages to load.