OJK Gelar Edukasi dan Literasi Keuangan Syariah di SMP Daarut Tauhid Boarding School Batam 

oleh -
oleh

Batam – Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kepulauan Riau (OJK Kepri) bekerjasama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Batam, melaksanakan kegiatan literasi dan edukasi. Kegiatan digelar, tentang Pengenalan OJK serta Keuangan Syariah kepada sekitar 150 orang santri atau siwa/siswi SMP Daarut Tauhid Boarding School.

Pada kegiatan yang digelar, Selasa (30/4/2024), di Masjid Rahmatan Lil’alamiin, Komplek Pondok Pesantren Daarut Tauhid Batam. Mewakili Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PEPK) dan Layanan Manajemen Strategis (LMS), Muhammad Lutfi menyampaikan beberapa hal.

Menurutnya, kerjasama dari Pihak Daarut Tauhid Boarding School pihaknya dan Tim Kantor OJK Kepri melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai Otoritas Jasa Keuangan. Kemudian, produk-produk keuangan termasuk di dalamnya program Simpanan Pelajar (Simpel) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat termasuk kalangan pelajar.

“Untuk siswa/siswi pelajar, program Simpanan Pelajar (Simpel) yang diterbitkan oleh Perbankan merupakan inisiatif OJK, memperluas akses keuangan bagi kalangan pelajar. Sekaligus memberikan edukasi dan membiasakan para siswa/siswi pelajar untuk mengelola keuangannya yang dimulai sejak usia sekolah,” terangnya.

Menurutnya, Berdasarkan data dari OJK Kepulauan Riau (Kepri) per Desember 2022, jumlah tabungan pelajar di wilayah Kepri mencapai lebih dari dua ratus ribu rekening. “Harapannya melalui kegiatan ini, para siswa/siswi dapat mengenali sektor jasa keuangan serta menggunakan produk-produknya termasuk juga produk Simpel yang diterbitkan oleh Perbankan,”

Selain dihadiri para siswa/siswi kegiatan ini juga dihadiri beberapa guru serta Kepala Sekolah SMP Daarut Tauhid, Deden Muhidin, SPd. Deden mengharapkan, kegiatan sosialisasi dan literasi ini, dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang berharga bagi para siswa siswi serta menjawab segala pertanyaan yang mungkin selama ini belum terjawab.

Bertindak sebagai narasumber yaitu Analis Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PEPK) dan Layanan Manajemen Strategis (LMS) Ermawati A.M yang menyampaikan materi Pengenalan OJK dan Lembaga Jasa Keuangan Syariah.

Narasumber lainnya, Funding Transaction Manager PT BSI Batam, Eko Moris, yang memaparkan materi jenis-jenis Simpanan Pelajar dan produk simpanan/tabungan syariah. Siswa/siswi mengikuti dengan antusias kegiatan edukasi ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan baik terkait Simpan Pelajar itu sendiri, kartu ATM serta hal yang mempengaruhi naik/turunnya harga saham. Kegiatan diakhiri dengan pembagian souvenir bagi peserta yang aktif selama kegiatan edukasi berlangsung.***

No More Posts Available.

No more pages to load.