Dibalik Kunjungan Rudi ke Pulau-Pulau

oleh -
oleh

Masyarakat hiterland atau pulau penyangga Pulau Batam, terus mendapat perhatian Pemko dan BP Batam. Investor didorong memanfaatkan potensi pulau, untuk mendongkrak ekonomi masyarakat.

SekitarJanuari 2024 pagi, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, menikmati sarapan, sambil menunggu tamunya, disalah satu Ruko di Batam Center. Ia didampingi Kadinsos Batam, Leo Putra dan rekannya satu orang lagi, Kadis lainnya.

“Minggu ini, sudah keliling termaksud ke pulau. Kita Musrenbang sekaligus bagi Sembako,” kata Rudi.

Setiap Musrenbang, Rudi memilih turun, walau itu Musrenbang tingkat Kelurahan. Ia juga turun sampai ke kelurahan dan kecamatan di pulau-pulau penyangga atau hiterland.

Kegiatan yang sama dilakukan saat Safari Ramadhan, Maret 2024 ini. Ia keliling Batam, termaksud ke daerah hiterland. Berinteraksi dengan masyarakat di pulau-pulau.

Rudi menyadari, peran pulau penyangga sangat penting, menjaga inflasi stabil. Seperti laporan BPS, pada tahun 2023, inflasi Kota Batam terkendali, di angka 3%±1 yaitu pada level 2,85% yoy.

Sementara pertumbuhan ekonomi meningkat, dari
6,84 persen di 2022, menjadi 7,04 persen di 2023. Pertumbuhan ekonomi itu, diatas pertumbuhan ekonomi Kepri dan Nasional.

Saat Rudi bicara terkait pulau-pulau, ia memiliki semangat tersendiri. Ia menyampaikan optimisme atas ekonomi pulau. Peningkatan pembangunan infrastruktur, diyakini akan mendorong peningkatan ekonomi.

“Saya ingin mendorong pemerataan pembangunan berjalan. Saya akan terus turun langsung untuk membangun daerah,” ujar Rudi menegaskan komitmennya.

Tidak meningkatkan peran pemerintah dalam mengembangkan ekonomi masyarakat di pulau, sepert pengembangan UMKM di Pulau Ngenang, Belakang Padang dan lainnya.

Pihak swasta juga didorong, mengambil peran. Seperti di Pulau Bokor yang akan dikembangkan PT Janata Loka, untuk wisata.

Kemudian, ada juga Pulau Rempang yang dikembangkan investor, sebagai kawasan eco city. Pengembangan pulau ini akan memberikan dampak positif untuk warga sekitar.

Rudi mengakui setiap kebijakannya untuk masyarakat pulau-pulau, lebih karena kecintaannya. Ia ingin menujukkan, kecintaannya melalui pembangunan.

Sehingga, bukan hal baru bagi Rudi, rajin berkunjung ke pulau. Sejak menjadi Wali Kota Batam, hampir setiap bulan dia berkunjung ke pulau, dengan lokasi berbeda.***

No More Posts Available.

No more pages to load.