Ini Anggota DPRD Kepri Dapil Kepri 5, Sebagian Diisi Wajah dan Partai Baru

oleh -
oleh

Batam – KPU Kota Batam sudah mengambil keputusan untuk perolehan suara partai dan calon anggota DPRD Kepri, dari daerah pemilihan (Dapil) Kepri 5. Dimana, muncul kejutan, setelah setengah anggotanya diperkirakan diisi wajah baru. Banyak anggota DPRD Kepri periode 2019-2024, di Dapil yang meliputi Kecamatan Sagulung, Batuaji, Sekupang dan Belakang Padang, yang diperkirakan tumbang.

Secara resmi, KPU Batam menetapkan caleg terpilih. Namun didasarkan sistem metode Sainte Lague, maka dapat dibuat perkiraan daftar caleg terpilih. Dimana, selain anggota dewan lama yang tumbang, ada juga partai yang baru menjadi peserta Pemilu, mampu menempatkan kadernya di DPRD Kepri, seperti PSI. Sementara Perindo, merupakan partai yang sebelumnya sudah mengikuti Pemilu, namun baru kali ini mampu meraih kursi di DPRD Kepri.

Dari data KPU Batam, Kamis (7/3/2024), sejumlah nama anggota DPRD Kepri yang bertahan. Termaksud dari partai, yang baru mengikuti Pemilu. Parpol yang baru kali mampu menempatkan kadernya di DPRD Kepri, ada PSI dan Perindo.

PSI mampu menempatkan kadernya di DPRD Kepri, melalui Onward Siahaan. Onward sebelumnya meninggalkan Gerindra dan masuk PSI.

Partai lain yang baru menempatkan kadernya di DPRD Kepri, ada Partai Perindo. Perindo menempatkan kadernya, melalui Tumpal Ari Mangasi Pasaribu.

Kemudian, partai yang menempatkan dua kursi dari dapil ini, hanya Gerindra. Partai ini menempatkan Iman Sutiawan dan Capt Luther Jansen.

Kemudian, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, kali ini mampu mempertahankan kursinya, melalui PDIP. Namun untuk periode kali ini, PDIP harus rela kehilangan jabatan kursi Ketua DPRD Kepri.

Untuk Pemilu 2024 ini, anggota DPRD Kepri yang mampu bertahan, hanya ada empat orang. Selain Onward Siahaan dan Jumaga Nadeak, ada M Syahid Ridho dan Sugiwan.

Sementara anggota DPRD Kepri dari Dapil ini, Rizki Faisal dari Golkar, memilih bertarung di kursi DPR RI. Kemudian, Sahmadin Sinaga dari Nasdem, Alek Guspeneldi dari PAN, Sugianto dari PDIP dan Suryani dari PKS, gagal menduduki kembali kursinya di DPRD Kepri.

Secara lengkap, berikut nama dan perolehan suara partai dan caleg yang duduk di kursi DPRD Kepri, Dapil 5:

PKB
Suigwan 10.329 suara
Total suara partai dan caleg, 18.140 suara

Gerindra
Iman Sutiawan 32.926 suara
capt Luther Jansen 10.219 suara
Total suara partai dan caleg, 56.378 suara

PDIP
Jumaga Nadeak 9.483 suara
Total suara partai dan caleg, 25.908 suara

Golkar
Zainal Abidin 7.094
Total suara partai dan caleg 15.912

Nasdem
H Muhammad Musofa 9.888
Total suara partai dan caleg 35.141

PKS
Muhammad Syahid Ridho 14.997
Total suara partai dan caleg 35.331

PSI
Onward Siahaan 10.442
Total suara partai dan caleg 16.624

Partai Demokrat
Sumali 8.943
Total suara partai dan caleg 15.589

Perindo
Tumpal Ari Mangasi Pasaribu 8.390
Total suara partai dan caleg 18.681

No More Posts Available.

No more pages to load.