12.6 C
New York
Kamis, Oktober 6, 2022
spot_imgspot_img

Mensos Risma dan Rudi Kunjungi Suku Laut di Batam

Batam – Kementerian Sosial (Kemensos) Tri Risnaharini mendatangi warga Suku Laut di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungan dilakukan ke Pulau Bertam, di Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakang Padang yang merupakan salah satu pulau yang dihuni oleh Suku Laut.

Kunjungan sendiri dilakukan Risma, Selasa hari ini (7/6/2022) dengan didampingi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi. Kunjungan dilakukan dalam rangka, mendorong pembangunan kesejahteraan sosial di Kawasan Terluar, Tertinggal dan Terdepan (3T) melalui Program Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (PKAT) dan Program Kewirausahaan Sosial (Prokus).

“Kita mendorong pembangunan di warga suku laut dapat ditingkatkan,” kata Risma.

Diungkap, di Kelurahan Kasu terdapat tiga pulau yang dihuni oleh Suku Laut yaitu, Pulau Bertam, Lingke dan Pulau Gara. Adapun jumlah penduduk Suku Laut di Pulau Bertam sebanyak 57 Kepala Keluarga (KK)/ 153 Jiwa. Masyarakat Pulau Bertam sebagian besar sumber mata pencahariannya yaitu dari hasil penangkapan dan pengolahan ikan.

Dalam kesempatan kali ini Mensos Risma tidak hanya ditemani oleh jajaran dari Kemensos, tetapi juga di dampingi oleh Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Kolaborasi Kemensos dengan ITB dalam rangka melakukan perencanaan dan penyusunan program pemberdayaan dengan memanfaatkan tekonologi.

Kemudian, meninjau sekaligus melakukan survey langsung untuk menggali lebih mendalam terkait kebutuhan warga Suku Laut yang bisa diakomodir dari hasil kolaborasi ini.

Selain melakukan penyusunan program, Kemensos juga telah memberikan beberapa bantuan pemberdayaan diantaranya Pembangunan Sarana Usaha Kedai, Perlengkapan Community Center, Kreasi Atensi Usaha Kue, Warung Nasi, dan Bilis Produksi Kreasi Atensi Usaha Hidroponik.(am)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles