Markas Koarmada I Dipindah ke Tanjung Uban 5 Desember

oleh -
oleh

Jakarta – Markas Koarmada I TNI Angkatan Laut (AL), akan dipindahkan ke Tanjung Uban, Bintan, Provinsi Kepri. Direncanakan, paling lambat, markas Koarmada I itu, sudah pindah, 5 Desember 2022, bersamaan dengan HUT Armada.

Rencana itu diungkap Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, sebagaimana dikutip dari detikNews, Rabu (28/9/2022). Dimana, sehari sebelumnya, Margono mengungkap target rencana tersebut terealisasi pada 5 Desember mendatang.

“Nanti saya tetapkan pada HUT Armada tanggal 5 Desember, nanti sudah melaksanakan Hari Armada di sana,” kata Yudo.

Disebutkan, Markas Koarmada I yang berada di Jakarta akan ditempati Koarmada RI, yang sebelumnya berlokasi di samping Markas Koarmada I. “Koarmada RI nanti di sini (Markas Koarmada I). Jadi Koarmada RI yang di gedung sebelah itu nanti kita tempatkan di Jakarta, di Koarmada I,” jelasnya.

Selain pemindahan Markas Koarmada I, TNI AL akan menggeser Markas Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV dari Tanjungpinang ke Batam, dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam bergeser ke Tanjung Uban.

Kemudian, lanjut Yudo, pembangunan sarana dan prasarana yang ada di markas baru tersebut akan dilakukan secara bertahap. Kendati demikian, Yudo menyebut keberadaan fasilitas di sana sudah terbilang cukup untuk kebutuhan prajurit.

“Sarana dan prasarana kita laksanakan secara bertahap tentunya. Di sana sudah ada sarana dan prasarana untuk messing prajurit, kemudian keperluan prajurit tidak mengubah dari yang sudah ada di Lantamal IV,” ujarnya.

Dia menuturkan, untuk menunjang kegiatan operasional pasukan, Yudo berencana melakukan perbaikan gedung-gedung yang dinilai kurang layak jika difungsikan.

“Tentunya nanti tinggal mengubah ataupun renov saja. Gedung-gedung yang mungkin sudah kurang layak kita renov. Tapi secara administrasi kemarin sudah kita gelar di sana,” imbuh Yudo.(am)
.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.