15.5 C
New York
Minggu, Oktober 2, 2022
spot_imgspot_img

Kedatang Wisatawan dari Harbourfront Singapura Disambut Pejabat Batam

Batam- Pemerintah Kota (Pemko) Batam antusias menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) yang berlayar dari Pelabuhan Harbourfront, Singapura dan turun di Pelabuhan Batam Center, Rabu (15/6/2022). Penyambutan ini sebagai tanda suka cita atas dibukanya kembali Pelabuhan Harbourfront Singapura setelah dua tahun lebih ditutup akibat pandemi Covid-19. Alunan musik dari grup band Batam, Malaykustik, turut mengiringi penyambutan wisman tersebut.

Anderson John, Aron, dan Catty, tiga pelancong dari Australia yang turun dari kapal feri tersebut, dikalungkan bunga oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, sebagai bentuk penyambutan.

John sapaanya mengaku terkejut atas penyambutan yang diberikan kepadanya saat menginjakkan kaki pertama kali di Batam. Ia mengatakan selama satu hari berlibur di Kota Batam.

“Terima kasih, ini adalah kejutan bagi kami,” katanya.

Sekda Kota Batam, Jefridin menyambut baik atas kegiatan penyambutan wisman yang dikemas oleh Disbudpar Kota Batam bersama stakeholder dalam hal ini CIQP (Bea dan Cukai, Imigrasi, Karantina, serta Syahbandar) Kota Batam. Sebelumnya kegiatan serupa biasanya dilaksanakan pada awal tahun tepatnya setiap tanggal 1 Januari.

“Susah diungkapkan, turis sudah masuk lagi ke Batam. Dua tahun kita impikan, biasanya awal tahun,” katanya.

Ia berharap, masuknya kembali wisman ke Batam dapat menggairkan kembali pariwisata di Kota Batam serta meningkatkan ekonomi. Jefridin mengingatkan, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Covid-19 masih ada, meskipun di
luar ruangan boleh lepas masker namun di dalam ruangan masih dianjurkan pakai masker,” ucapnya.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata merindukan suasana Kota Batam yang ramai wisman. Ia mengatakan, kegiatan penyambutan sengaja dibuatnya untuk memberikan kenangan kepada pelancong sehingga dapat kembali lagi ke berwisata di Kota Batam.

“Kita sengaja menyambut bersama sekda, stakeholder, polisi pariwisata, duta wisata. Kita memberikan gift untuk wisman,” terangnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan kelonggaran kepada Batam, seperti travel bubble, tidak diberlakukan antigen, PCR, karantina, dan asuransi. Ia menyebut, ada 43 trip melewati Pelabuhan Batam Center.

Ia menyampaikan, Wali Kota Batam juga sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi telah menyiapkan Batam dalam konsep pariwisata. Aksesbilitas, amenitas, dan atraksi telah disiapkan untuk menyambut wisman.

“Destinasi baru sudah disiapkan dan menjadi daya tarik bagi wisman,” pungkasnya.

Turut menghadiri, Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batam, Edi Sutrisno, Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kepri, Donna, dan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Batam, Deska.(am)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles