11.9 C
New York
Rabu, Oktober 5, 2022
spot_imgspot_img

Kadisbudpar Usulkan Program Visit Batam Years Dongkrak Wisman

Batam – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengusulkan program Visit Batam Years untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Hal ini disampaikannya pada Seminar Rancangan Proyek Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XII Tahun 2022, Rabu (10/8/2022).

Sebagai informasi, pelatihan ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur. Adapun jumlah pesertanya 60 orang pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kota di Indonesia.

Ardi menjadi peserta PKN bersama kadis lain dari Batam, yakni Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau, Kepala Satpol PP Batam, Reza Khadafy, dan Kepala Bapelitbanda Batam, Dahlina N.

“Hari ini saya mempresentasikan rencana proyek perubahan dalam pelaksanaan PKN Tingkat II Angkatan XII Tahun 2022 dengan judul kertas kerja program Visit Batam Years untuk meningkatkan jumlah wisata sebagai usaha membangkitkan industri pariwisata,” katanya.

Adapun penguji dari proposal program tersebut yakni Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Ismayanti.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin memuji program yang disampaikan peserta PKN Tingkat II Angkatan XII Tahun 2022 dari Kota Batam. Menurutnya program tersebut mendukung visi misi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

“Salah satu peserta Pak Ardi (Kepala Disbudpar Kota Batam) yang mengangkat bagaimana bisa kembali bergairah kunjungan wisata ke Kota Batam dengan membuat Visit Batam dengan gaya kekinian luar biasa. Juga pak Gustian tentang pembahruan Kartu Kendaki Fuel Card 3.0 Solar. Pak Reza tentang pembentukan Prabinmas, dan bu Lina tentang pengembangan satu Data aplikasi Semenanjung, katanya, juga sebagai Mentor PKN Tingkat II Angkatan XII Tahun 2022 dari Kota Batam,” ujar Jefridin.

Ia berharap dengan program tersebut dapat memberikan manfaat bagi Kota Batam. Sebagaimana diketahui Kota Batam mengandalkan jasa terutama di sektor pariwisata.

“Sesuai harapan Pak Wali (Muhammad Rudi) kunjungan wisman (wisatawan mancanegara) meningkat lebih bagus dari tahun sebelum Covid-19,” ucapnya.

Tak hanya itu, dengan bergairah kembali wisata Kota Batam dapat meningkatkan PAD Kota Batam. “Penting bagi kita, meningkatnya kunjungan wisata dapat meningkatkan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) kita karena beberapa sektor jenis pajak didukung oleh pariwisata yakni hotel, restoran, hiburan dan sebagainya,” terangnya.

Begitu juga dengan peserta lain, Kepala Satpol PP Batam, Reza Khadafy memaparkan program tentang menciptakan Batam aman dan Kondusif. Hal ini berkaitan dengan program yang disampaikan Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata.

“Begitu juga Reza Khadafy akan membuat perubahan yang memang belum perna ada yang ingin menciptakan Batam aman dan kondusif karna untuk mendatangkan orang memang perlu aman dan kondusif saling berkolaborasi dan berhubungan,” pungkasnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles