13.6 C
New York
Kamis, September 29, 2022
spot_imgspot_img

18 Ranperda Disiapkan DPRD dan Pemko di Tahun 2022



Batam – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Batam, mengajukan 18 Ranperda untuk tahun 2022 mendatang. Dimana, diantara Ranperda itu, ada dua Ranperda yang diusulkan tahun 2021. Selain itu, ada dua Ranperda inisiatif DPRD Kota Batam.

Ketua Bapemperda Batam, Hendrik mengatakan, sebelum diajukan dalam Paripurna DPRD Batam, Rabu (27/10), pembahasan dilakukan di Bapemperda, bersama Safari Ramadhan,S.Pd.I, sebagai Sekretaris.



Mereka dibantu anggota Bapemperda, seperti Putra Yustisi Respaty, Tumbur M Sihaloho, SE, Amintas Tambunan, Azhari David Yolanda, SH MH, Muhammad Yunus Muda, SE, Hendra Asman,SH.MH, Harmidi Umar Husein, Muhamad Rudi,ST, Rohaizat, ST, Utusan Sarumaha,SH dan Muhammad Yunus, S.Pi.

Disampaikan Hendrik dalam laporan Bapemperda, tentang penyusunan Propemperda inisiatif DPRD Kota Batam dan penyusunan Propemperda Kota Batam tahun 2022.

Dikarenakan ada kesinambungan materi Laporan, maka Bapemperda menyampaikan dua laporan sekaligus. Seperti tentang Hasil Penyusunan Propemperda Inisiatif DPRD dan tentang Hasil Penyusunan Propemperda Kota Batam tahun 2022.

Sebelum dilakukan Penetapan dalam skala prioritas dan dalam daftar urutan Propemperda kota Batam tahun 2022, penyusunan Propemperda diawali dengan terlebih dulu adanya penyusunan propemperda di lingkungan Pemko Batam.  Kemudian, ada penyusunan Propemperda inisiatif DPRD Batam.

“Kemudian baru dilakukan penyusunanya untuk Propemperda Kota Batam antara DPRD dan Pemko Batam,” terangnya.

Sementara hasil penyusunan dan usulan Propemperda Inisiatif DPRD Kota Batam disampaikan:

1. Sebagai pengusulnya, Aman,S.Pd.I, Hendrik, Dominggus dan Muhammad Fadhli dengan judul Ranperda Bantuan Operasional Pesantren
2. Ranperda yang diusulkan oleh Komisi 4 DPRD Kota Batam dengan judul Ranperda Dana Bantuan Sekolah Daerah Bagi Satuan Pendidikan yang diselenggarakan Masyarakat

Selain melaporkan dua Ranperda Inisiatif DPRD kota Batam tersebut untuk dimasukan dalam daftar urutan dan prioritas Propemperda di tahun 2022, Bapemperda DPRD Kota Batam juga melaporkan terkait daftar Propemperda tahun 2021. Dimana, sampai saat ini ada Ranperda yang belum dilaksanakan pembahasannya yaitu:

1. Ranperda tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Ranperda tentang Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil
2. Ranperda tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga

Propemperda inisiatif DPRD  tahun 2021 yang belum dilakukan pembahasan akan dimasukan dalam daftar urutan dan prioritas Propemperda luncuran ditahun 2022.

“Terhadap Propemperda Inisiatif DPRD Kota Batam, melalui rapat paripurna yang terhormat ini sekiranya dapat disetujui,” harap Hendrik.

Selanjutnya disampaikan Laporan Penyusunan Propemperda Kota Batam tahun 2022. Dimana, Propemperda Kota Batam tahun 2022 disusun sesuai urutan dan prioritas yang merupakan penggabungan Usulan Propemperda yang berasal dari inisiatif DPRD kota Batam dan Pemerintah Kota Batam

Dimana, daftar Propemperda yang berasal dari Pemerintah Kota Batam tahun 2022 yang terdiri dari  12 Propemperda usulan baru dan 1 (satu) propemperda luncuran tahun 2021 adalah:

1. Perubahan atas peraturan Daerah Kota Batam nomor 3 tahun 2015 tentang pokok pokok pengelolaan keuangan daerah (Pengusul yaitu Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah).
2. Perubahan atas perda nomor 1 tahun 2002 tentang Badan Usaha Milik daerah (Pengusul yaitu  Bagian Perekonomian Setdako)
3. Perubahan Atas perda nomor 1 tahun 2013 tentang pembentukan badan usaha pelabuhan Batam (Pengusul yaitu Bagian Perekonomian Setdako)
4. Penyelenggaraan kerukunan umat beragama (Pengusul yaitu Badan Kesbangpol)
5. Pengelolaan Zakat (Pengusul yaitu Badan kesbangpol)
6. Fasilitasi Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan prekursor Narkotika (Pengusul yaitu Badan Kesbangpol)
7. Bangunan Gedung (Pengusul yaitu Cipta Karya dan Tata Ruang)
8. Perubahan atas peraturan Daerah Kota Batam nomor 7 tahun 2012 tentang retribusi pelayanan kesehatan di Puskesmas kota Batam (Pengusul Dinas Kesehatan)
9. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Batam tahun 2023 (Pengusul Badan Pengelolaan Keuangan dan aset Daerah)
10. Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Kota Batam tahun anggaran 2021 (Pengusul Badan Pengelolaan Keuangan dan asset Daerah)
11. Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  Kota Batam Tahun Anggaran 2022 (Pengusul Badan Pengelolaan keuangan dan asset)
12. Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kota Batam no 10 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan Perangkat Daerah (Pengusul Setdako)
13. Penyelenggaraan Kearsipan (Pengusul Dinas Perpustakaan dan kearsipan, Luncuran tahun 2021)

Setelah melalui harmonisasi di Bapemperda dan serangkaian konsultasi guna menyelaraskan dan melakukan pembulatan maka berikut adalah daftar, susunan dan urutan serta prioritas Propemperda Kota Batam tahun 2022 yang tersusun per Semester :

Dimana, semester pertama akan dibahas:
1. Ranperda Dana Bantuan Sekolah Daerah Bagi Satuan Pendidikan yang diselenggarakan Masyarakat (Pengusul DPRD Kota Batam)
2. Perubahan atas peraturan Daerah Kota Batam nomor 3 tahun 2015 tentang pokok pokok pengelolaan keuangan Daerah (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
3. Perubahan atas perda nomor 1 tahun 2002 tentang Badan Usaha Milik daerah (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
4. Ranperda tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga (Pengusul DPRD kota Batam)
5. Perubahan Atas perda nomor 1 tahun 2013 tentang pembentukan badan usaha pelabuhan Batam (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
6. Bangunan Gedung (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
7. Perubahan atas peraturan Daerah Kota Batam nomor 7 tahun 2012 tentang retribusi pelayanan kesehatan di Puskesmas kota Batam (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
8. Ranperda tentang Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil (Pengusul DPRD Kota Batam)
9. Perubahan kedua atas peraturan daerah kota Batam no 10 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
10. Penyelenggaraan Kearsipan (Pengusul Pemerintah Kota Batam)

Sementara semester dua, akan dibahas:
1. Penyelenggaraan kerukunan umat Beragama (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
2. Ranperda Bantuan Operasional Pesantren (Pengusul DPRD Kota Batam)
3. Pengelolaan Zakat (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
4. Ranperda tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan (Pengusul DPRD Kota Batam)
5. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Batam tahun 2023 (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
6. Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Batam tahun Anggaran 2021 (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
7. Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  Kota Batam Tahun Anggaran 2022 (Pengusul Pemerintah Kota Batam)
8. Fasilitasi Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan prekursor Narkotika (Pengusul Pemerintah Kota Batam).

Related Articles

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles