PGN Jadikan Batam Percontohan, Empat Tahun Semua Kecamatan Tersambung Jargas

oleh -
oleh

Batam – Selama empat tahun, dimulai tahun 2024 ini, seluruh area dan masyarakat di Pulau Batam, Kota Batam, akan menikmati jaringan gas (Jargas) bumi. Diawali dengan pemasangan 20 ribu jaringan gas bumi, melanjutkan sambungan gas ke rumah tangga di Batam Center, Sagulung dan Batuaji sebelumnya.

Hal itu diungkapkan Area Head PGN Batam, Wendi Purwanto, Kamis (28/3/2024) di Batam. Diungkapkan, Batam menjadi kota percontohan, bersama Kota Palembang. Program itu dicanangkan Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk, untuk dapat diselesaikan dalam empat tahun.

“20 ribu pelanggan baru akan tersambung, mulai tahun 2024 ini,” kata Wendi.

20ribu pelanggan ini diakui, akan dipasang mulai November 2024 mendatang. Pelanggan ini diakui, lebih di kecamatan yang sudah terpasang pipa jaringan gas. Seperti di Batam Kota, Sagulung dan Batuaji.

Warga Batam yang ingin memasang jargas ini, biasanya dilakukan secara kolektif. Kemudian ada rekomendasi dari RT/RW. “Ini akan membantu warga, karena Jargas rumah tangga ini lebih murah dan lebih aman dari LPG,” harap

Sementara, pengembangan pipa jaringan baru akan dipasang Juli 2024 mendatang. Sehingga, pada akhirnya, semua pelanggan rumah tangga akan menikmati gas bumi.

“Ditargetkan, semua rumah tangga di Batam dapat menikmati gas bumi. Targetnya, 250ribu pelanggan akan menikmati dalam 4 tahun,” ungkapnya..

Diakui, pihaknya menjalankan apa yang dicanangkan pusat untuk mereka kerjakan. Pusat memilih Batam untuk percontohan daerah di pulau. Sementara yang tidak daerah kepulauan, percontohannya, Palembang di Sumatera Selatan (Sumsel).

“Sebagai kota Kepulauan, Batam sangat ideal dan terbilang mudah untuk mengembangkan jaringan gas perumahan dibandingkan Kota-kota lainnya di Indonesia,” urainya.

Disebut, tahun ini mereka akan melanjutkan pemasangan pipa jaringan baru, di kecamatan lain. Diakui, dalam dua minggu ini, mereka sudah mendata pelanggan baru. Kemudian, jaringan distribusi akan dipasangan di kecamatan lain, mulai tahun ini. Kemudian akan dilanjutkan sambungan ke rumah tangga sekitar 40ribu pelanggan tahun depan.

“Kemudian 80 ribu sambungan dan demikian terus berkembang setiap tahun, hingga empat tahun ini semua rumah tangga di Batam, menikmati,” harap Wendi.(am)

No More Posts Available.

No more pages to load.