10.4 C
New York
Senin, Oktober 3, 2022
spot_imgspot_img

Mancanegara kembali hadir di Kenduri Seni Melayu



Batam- Kenduri Seni Melayu (KSM) tahun 2022 kembali digelar, bertempat di Harbourbay, Batu Ampar, 21-23 Juli 2022 mendatang. Tahun ke-24 ini, KSM menyuguhkan beragam penampilan kebudayaan Melayu, seperti musik, tari, membaca puisi, berpantun, dan permainan rakyat yang dikemas dalam panggung pentas menarik dan menghibur.

Tahun ini kembali disandingkan dng Event Expo Bazar produk kreatif dan kuliner. “Tahun ini menampilkan disamping WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) ada berpantun dan permainan rakyat, juga kembali tampil penampil dari Manca Negara ” kata Ardiwinata, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Rabu (29/6/2022).



Permainan rakyat itu seperti kaki bajang (egrang), gasing, seletup, dan canang. Tak hanya itu, tahun 2022 ini diwarnai dengan 100 stand bazar kuliner dari pelaku UMKM Kota Batam.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun 2022 KSM digelar outdoor (luar ruangan),”

Lanjut Ardi, KSM menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam sejak tahun 1999. Pada tahun ini ada yang spesial yakni menampilkan lagu bergenre gazal berjudul Bulang Mufakat.

“Lagu berjudul Bulang Mufakat lagu yang berhasil meraih juara satu dari kegiatan Lomba Cipta Lagu Melayu Tahun 2022,” terangnya.

Sebagai informasi, KSM masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). KEN merupakan wadah perkumpulan event Indonesia dan strategi Kemenparekraf berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mempromosikan destinasi, meningkatkan kunjungan wisatawan, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi dan budaya.

Disamping peryunjukan seni hal yg mengembirakan pekerja seni dari negara tetangga Malaysia Bunai Darusalam dan Singapura akan kembali tampil.

“KSM akan disuguhkan secara spektakuler mengangkat budaya Melayu, dan budaya lainya ” ucapnya.(am)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles