Inovasi Produk Subholding Gas Pertamina Bantu Industri dan UMKM Perbatasan

oleh -
oleh
  • Mudah Bayar dan UMKM Terbantu Gaslink CNG

Petugas PGN saat mengecek meteran gas di Laundry Kla Wash, Batam

  • Mudah Bayar dan UMKM Terbantu Gaslink CNG  

Tidak hanya industri, yang mendapat manfaat aliran gas bumi dari Subholding Gas Pertamina, namun UMKM yang masuk kategori retail. Disisi lain, walau panjang pipa gas, sudah mencapai 238 Km, namun masih banyak rumah tangga, hingga retail, yang belum terjangkau.  

Sehingga, PGN menghadirkan inovasi produk untuk menjangkau, retail, yang belum terjagkau Jargas. Terbaru produk gas bumi, Gaslink Compressed Natural Gas Cylinder (CNG C-Cyl), sudah dinikmati pelaku usaha di Batam.   

Setelah diatribusi gas dengan pipa, kini Pertamina Subholding Gas, sudah menghadirkan Gaslink CNG C-Cyl. Gaslink CNG sudah dimanfaatkan sejumlah pelaku UMKM di Batam. 

CNG disalurkan menggunakan tabung dengan kapasitas 20-25 M3 atau setara dengan 20 Kg. Program ini disambut pelaku UMKM di Batam. Mulai usaha laundry, yang mendukung kebutuhan hotel-hotel, rumah makan hingga restoran di Batam.  

Pemilik Laundry Kla Wash di Ruko Bukit Golf Sei Panas, Batam, Abdul Maliq mengatakan, usahanya sudah menggunakan gas bumi untuk pengering dan flatwork ironer atau roll setrika. Gas bumi, tidak hanya efisiensi, namun efektivitas produk PGN ini.  

Dimana, Laundry Kla Wash menggunakan gas bumi, jenis CNG. Diakui, gas bumi merupakan energi bersih dan ramah lingkungan, mudah digunakan, tidak menggunakan ruangan rumah dan pihaknya tidak membutuhkan waktu untuk membeli gas. 

“Gas diantar dan dipasang PGN. Kami hanya tinggal telepon saat stok gas menipis,” ungkap Maliq. 

Maliq mengungkapkan, usaha laundry Kla, membantu usaha keparawisataan, khususnya hotel di Batam. Laundry Kla menerima pesanan cuci dan setrika selimut, sprai hingga sarung bantal, dari pelaku usaha Hotel, Apartemen serta  lainnya. 

Banyaknya pesanan cuci dan setrika yang diterima, hingga pihaknya harus memanfaatkan gas bumi. Tabung CNG dipasang di halaman dua ruko yang digabung jadi satu. Gas jenis CNG kemudian disalurkan menggunakan pipa ke flatwork ironer atau rol setrika. 

No More Posts Available.

No more pages to load.