Bule-Bule Dilepas Rudi Lomba Batam Triathlon 2023

oleh -
oleh

Batam- Wali Kota Batam, Muhammad Rudi melepas peserta lomba Batam Triathlon. Perlombaan diawali dengan lomba berenang yang ditandai dengan menyalakan horn. Lomba berenang ini adalah salah satu kegiatan dalam Batam Triathlon 2023 yang berlangsung di Nongsa Point Marina & Resort 20-21 Mei 2023, Sabtu (20/5/2023).

Setelah berenang, peserta akan melanjutkan kegiatan dengan mengikuti lomba bersepeda dan lari. Pada tanggal 20 Mei 2023 lomba renang yang dilaksanakan katagori Batam Swim Classic / Open Water Swim dengan jarak tempuh 500 dan 1.500 m berenang di laut. Kemudian Kategori Olimpic Distance, berenang sejauh 1,5 KM dan untuk lomba bersepeda katagori 41 Kilometer dan berlari sejauh 10 Kilometer. Sedangkan keesokan harinya, Minggu, 21 Mei 2023 lomba yang dihelat mulai pukul 07.00 Wib. hingga 09.00 WIb adalah lomba untuk latagori “youth.”

Rudi berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan di Kota Batam, sehingga jumlah wisatawan mancanegara (wisman) seperti tahun 2019 mencapai 1.947.943 kunjungan terbesar kedua ( Kepri ) setelah Bali bisa diraih kembali.

“Kegiatan ini (Batam Triathlon) awal yang pertama dan ada selanjutnya. Supaya Kota Batam yang kita canangkan yang dulu hampir 2 juta wisatawan bisa hidup kembali,” katanya.

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti sebanyak 332 atlet yang berasal 33 negara. “Informasi yang saya dapat untuk peserta dari Indonesia 42 peserta, sedangkan lainnya dari luar negeri, ada dari Singapura 58 peserta, Great Britain 59 peserta, Australia 27 peserta, France 21 peserta, United States of Amerika 22 peserta, Japan 12 peserta, dan banyak lagi,” kata Ardiwinata, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam.

Ardi mengapresiasi atas digelarnya Batam Triathlon 2023. Dirinya berharap semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat membawa nama Batam ke kancah nasional dan internasional khususnya dalam wisata olahraga.

“Pak wali (Muhammad Rudi) sangat senang kegiatan ini berlangsung di Batam dan berharap agar Batam bisa dikenal khususnya dalam wisata olahraganya,” ucapnya.

Katanya lagi, Pemerintah Kota (Pemko) Batam siap menyukseskan acara. “Amanah Pak Wali (Muhammad Rudi) Pemko Batam siap membantu event-event seperti ini hadir di Kota Batam,” ujarnya.

Ia menyampaikan, Wali Kota Batam yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendedikasikan Batam sebagai kota pariwisata. Itu bisa dilihat dari infrastruktur yang tengah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Kota Batam mempunyai amenitas yang lengkap, seperti hotel 241 1032 kafe dan restoran, 12 pusat perbelanjaan, dan ragam destinasi wisata. Kemudian Batam mempunyai ragam atraksi baik atraksi alam, budaya, dan buatan.

“Kalau 3A (Aksesbilitas, Amenitas, Atraksi) sudah berkolaborasi bukan tidak mungkin barangkali Batam wismannya bisa melampaui Bali,” pungkasnya.(am)