13.8 C
New York
Jumat, September 30, 2022
spot_imgspot_img

28 Ribu dari Target 260 Ribu Calon Penikmati Jargas PGN di Batam Didata

Batam – Warga Batam yang belum menikmati jaringan gas (jargas) dari sub holding gas Pertamina, PGN, akan menikmati sambungan mulai tahun ini. Ditargetkan, PGN akan memasang jargas mulai tahun ini, hingga tahun 2027 mendatang, untuk 260 ribu sambungan baru di Batam. Dimana, saat ini yang sudah terdata, untuk tawaran penerima gas bumi yang baru, sebanyak 28 ribu.

Progres program Jargas baru itu diungkapkan Area Head PT PGN Batam, Wendi Purwanto, Kamis (14/4/2022) malam, di Batuampar, Batam. “Program sambungan baru lewat Jargas, untuk lima tahun, sampai tahun 2027 mendatang. Sekarang sudah terdata sekitar 28ribu calon penerima Jargas,” ungkap Wendi.

Diungkapkan, saat ini program Jargas tidak mendapat subsidi dari pemerintah atau APBN. Dimana, sebelumnya jargas mendapat bantuan APBN untuk pemasangan pipa dari meteran ke dapur pelanggan.

“Dulu calon pelanggan dapat subsidi APBN untuk biaya pemasangan baru, sekarang tidak lagi,” jelas Wendi.

Demikian, diakui jika pihaknya tetap membantu calon pelanggan gas bumi di Batam. Dimana, sambungan baru tetap dibantu melalui anggaran PGN. “Kita bantu subsidi untuk sambungan baru, hingga 15 meter, dari meteran ke dapur pelanggan. Jika lebih dari 15 meter, kelebihan dibayar warga ke PGN,” teangnya.

Diakui, program sambungan baru, Jargas di Batam akan berjalan disejumlah daerah di Batam. Survey masih berjalan saat ini. Dimana, untuk survey sudah berjalan sampai Sagulung.

“Kita survey dulu, sebelum mulai pembangunan jaringan pipa induk,” urainya.

Diakui, pengembangan jaringan pipa induk dilakukan mulai tahun ini, setelah tahun lalu penambahan pelanggan baru, dilakukan tanpa menambah jaringan pipa induk.

“Tahun 2021 lalu, yang meningkat, komersil yang banyak. Kalau industri ada satu tambahan lalu. Itu memanfaatkan jaringan pipa induk yang sudah ada. Bukan pembukaan baru. Sekarang kita punya 4900-an pelanggan,” imbuhnya.

Saat ini, infrastruktur gas bumi di Batam tersebar melewati beberapa Kawasan Industri dan pusat keramaian di Batam seperti Tanjung Uncan, Panbil, Batam Center, dan Lubuk Baja.

Panjang Pipa telah mencapai 238 KM dan memiliki Station Panaran sebagai pintu distribusi gas bumi di Batam. PGN di area Batam melayani 57 pelanggan komersial dan 88 pelanggan kecil. Total penyerapan gas bumi di Batam sebanyak 81 BBTUD.(am)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles