2.7 C
New York
Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_img

Setelah Warga Tunas Regency Nikmati Jargas di 2022, 6 Ribu Antrian Menunggu di 2023

Batam – Subholding Gas Pertamina, PT PGN melakukan pemasangan 50 jargas di tahun 2022, di perumahan Tunas Regency. Setelah itu, pemasangan Jargas akan dilakukan pada tahun 2023, untuk 6ribu calon pelanggan yang sudah menunggu antrian, dari target pelanggan baru, sebesar 12 ribu.

Rencana program itu diungkapkan Staf Sales Citigas PGN, Rommel Simajuntak didampingi Humas PGN Batam, Dendi Denintama, Rabu (14/12/2022) di Tunas Regency, Sagulung, Batam. “Kita siapkan rencana pemasangan 6ribu jaringan gas (Jargas) 2023. Target kita, sambungan Jargas baru akan dilakukan tahun 2023, sebanyak 14 ribu,” kata Rommel.

Pada kesempatan itu, Rommel, Dendi dan petugas PGN, melakukan peninjauan jargas di Tunas Regency, disalah satu rumah pelanggan, yang baru menikmati gas bumi. Di perumahan itu, sudah 50 pelanggan Jargas baru, pada tahun 2022.

“Setelah mendapat jaringan gas (jargas) dari PGN di rumah kami ini, kami merasa dimudahkan. Dan hari iuni sudah berjalan 3 mingguan,” terang Oktavia, warga setempat saat ditemui.

Oktavia juga mengatakan dengan adanya jaringan gas ini membuat pengeluaran di keluarga besarnya menjadi hemat. Dimana biasanya, dalam satu bulan dirinya membutuhkan 3 tabung gas elpiji ukuran 3 kg untuk keperluan memasak di rumahnya. Kini dengan adanya jaringan gas di rumahnya dirinya tidak perlu berkeliling ke minimarket hingga toko yang menjual gas ukuran 3 kg.

“Sebenarnya, jargas ini lebih aman dan nyaman. Mengingat, tak perlu khawatir terjadi kebocoran gas seperti saat memasang tabung gas 3 kg. Karetnya itu loh pak, yang bikin resah. Kini dengan adanya jargas kami jadinya nyaman dan apinya lebih biru dari biasanya,” tegasnya.

Merespon hal tersebut, Rommel Simajuntak, Staf Sales Citigas PGN Batam dan sekitarnya mengatakan untuk wilayah perumahan Tunas Regency Cluster Lavender tercatat sudah ada 50 warga yang teklah dipasangkan jargas.

Dengan demikian untuk wilayah Batu aji dan sekitarnya sudah ada 500 pelanggan untuk di wilayah Batu Aji untuk pemasangan di tahun 2022. Sementara untuk di tahun 2021 sudah ada 1.329 pelanggan untuk wilayah Batu aji.

“Jumlah ini (2022) tersebar di beberapa wilayah. Diantaranya Perumahan Bambu Kuning, Buana Raya, Graha Nusa Batam, Muka kuning Indah 2, Sentosa Perdana , Syarof Padjajaran, Villa Muka kuning dan Merati Subur,” tegasnya.

Dengan demikian, sebanyak 5.830 jaringan gas (Jargas) yang masuk perumahan warga untuk wilayah Batam sampai dnegan November 2022.

Sebagaimana diketahui, Jargas dibangun oleh Pemerintah di daerah yang memiliki sumber gas, infrastruktur pasok gas bumi, dan terdapat ketersediaan pengguna.

Dengan adanya jargas, masyarakat juga memperoleh keuntungan sisi finansial karena harga gas bumi lebih murah dari LPG. Setiap bulannya, penghematannya bisa mencapai sekitar Rp 50.000 per keluarga.

Manfaat lainnya, gas bumi adalah bahan bakar yang ramah lingkungan dan tersedia setiap saat. Masyarakat tidak perlu keluar rumah mencari LPG atau minyak tanah dan kayu bakar, jika sewaktu-waktu kehabisan.(am)

Related Articles

Stay Connected

142FansSuka
54PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles