Rudi Harap Industri Maritim Bangkit dan Dongkrak Ekonomi

oleh -
oleh

Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) yang juga Wali Kota Batam Muhammad Rudi, berharap industri kemaritiman Batam, akan bangkit. Terutama pasca pandemi Covid-19. Dengan kebangkitan industri maritim, akan memicu pertumbuhan ekonomi Batam dan Kepri lebih baik kedepan.

Hal itu disampaikan Rudi saat membuka Pameran dan Forum Bisnis Kemaritiman “5th Indonesia Marine and Offshore Expo (IMOX) 2022 di Radisson Golf & Convention Center Sukajadi, Rabu (3/7). Pada kesempatan itu, Rudi mengapresiasi pameran IMOX ke-5 yang mengusung tema ‘Arah Industri Kemaritiman Indonesia Kedepannya’ ini dapat menstimulasi bangkitnya industri kemaritiman.

“Mari kita ramaikan pameran ini. Kegiatan ini menjadi Momentum Kebangkitan Industri Maritim Batam,” kata Rudi.

Kegiatan ini sendiri akan digelar hingga Jumat 5 Agustus 2022. Hari pertama, Rabu 3 Agustus 2022, sejumlah rangkaian kegiatan digelar seperti Forum bisnis dari BP Batam, Imigrasi Batam, Dirjen Pajak Indonesia Kepri, dan Bea Cukai, juga konferensi dari berbagai ketua asiosiasi terkait, seperti ABUPI, BSOA, INAMPA, INSA dan IPERINDO.

Rudi mengingatkan kepada semua pihak untuk tetap mewaspadai perkembangan Covid-19. Diingatkan, Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan, namun akan mempengaruhi sektor ekonomi.

“Saya bersama Forkompinda titip soal pencegahan covid ini. Kita tentu berharap kasusnya tak naik lagi,” imbuhnya.

Pameran ini diharap, dapat membangkitkan kembali ekonomi di bidang perkapalan dan industri pendukungnya yang sempat lesu terdampak pandemi Covid-19. Ditunjang, Batam merupakan lokasi galangan kapal terbanyak di Indonesia.

Dengan diadakannya expo ini, diharapkan mampu menjadi pemicu dan penggerak roda perekonomian kota Batam dan industri perkapalan pada khususnya.

“Kita semua berharap industri marine bisa bergairah lagi menjadi penopang ekonomi Batam,” harapnya lagi.

Kemudian, presentasi dari peserta pameran, seperti Aveva, Jotun, Primacom, dan Rolls Royce dan hari terakhir, akan ada sesi educational trip bagi mahasiswa perkapalan.

Diharapkan, pameran akan dihadiri 15 negara, diantaranya Malaysia, Singapura, Vietnam, Cina, Korea, India, Inggris hingga Prancis. Target pengunjung yang akan hadir menyentuh 2.000 orang para ahli dan profesional dari industri tersebut, karena ini merupakan pameran luring perkapalan pertama, terbesar, dan satusatunya di Indonesia pada tahun ini.

Indonesia Marine & Offshore Expo (IMOX) 2022 merupakan acara maritim dan lepas pantai internasional, yang menyatukan kumpulan perusahaan internasional di industri pembuatan kapal terbesar di Indonesia.

Karakter internasional Indonesia Marine & Offshore Expo (IMOX), menghadirkan peluang pemasaran, pendidikan, dan jaringan yang tak tertandingi. Selain itu, Indonesia Marine & Offshore Expo (IMOX), menawarkan platform yang ideal untuk menjelajahi peluang maritim, lepas pantai, Minyak & Gas, dan pembuatan kapal baru di Indonesia.(am)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.