Ramadhan IBA Bersama Diaspora dam PMI 12 Negara di KBRI Singapura Diapresiasi Wapres RI

oleh -
oleh

Singapura – International Business Association ( IBA ) merayakan Bulan penuh berkah Ramadhan 1444 H. IBA mengadakan buka bersama Diaspora dan PMI yang berada di Singapura. Ikut pada kegiatan itu, baik secara fisik dan digital, mulai Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin, Gubernur Propinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hingga Menteri Pertahanan dan Keamanan RI, Prabowo Subianto.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Nusantara KBRI, Minggu (9/4/2023), difasilitasi Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Republik Singapura, menghadirkan hampir 800 peserta dari Singapura dan 11 negara lainnya. Seperti perwakilan dari negara Malaysia, Brunei Darussalam, Dubai, Vietnam, Kamboja, Thailand, Hong Kong, Filipina, Australia, Taiwan, Korea Selatan.

Pada silaturahmi antara PMI lintas negara dengan memanfaatkan media online seperti demikian adalah upaya IBA dalam memupuk rasa persatuan antar warga Indonesia yang bertugas di luar negeri. Harapannya, supaya tetap terjalin kebersamaan serta bangkit Bersama terutama pasca Pandemic Covid-19.

Sehingga menurut Ketua Umum IBA, Shan, Ramadhan tahun 2023 ini, pihaknya dapat mengadakan acara Buka Puasa Bersama Diaspora dan PMI di Singapura serta tamah virtual bersama dengan 11 negara lainnya.

“Alhamdulilah, 12 negara termasuk Singapura telah kita kunjungi, bertemu dengan ribuan teman PMI meskipun Pandemik tengah melanda,” katanya.

Hadir pada kesempatan itu, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo beserta pejabat dan jajaran staff KBRI. Dukungan juga datang dari Wakil Presiden ( Wapres ) K.H Ma’ruf Amin. “Bekerja di luar negeri, di lingkungan yang asing jauh dari rumah sendiri tentu tidak selalu mudah,’ sebut Ma’ruf Amin.

Namum Wapres meyakini segala pengalaman dan keahlian yang dimiliki para WNI akan menjadi bekal untuk dapat berkontribusi lebih besar dalam membangun negeri. “Saya juga ingin menyampaikan apresiasi kepada International Business Association ( IBA ) dan KBRI Singapura yang telah memberikan perhatian kepada para pekerja migran dan diaspora kita melalui penyelenggaraan buka puasa Bersama ini,” tuturnya.

Dukungan dan motivasi yang dibagikan Gubernur Propinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga disambut para peserta yang hadir dalam acara ini. Dalam kata sambutannya, Gubernur menyatakan bahwa ternyata persatuan merupakan kekuatan inti untuk membangun kekuatan.

“Sangat senang ketika menerima undangan dari IBA karena beliau yakin ini salah satu ruang persatuan, yang bisa kita optimalkan untuk menaikkan martabat negara kita di mata dunia,” katanya.

Disebut, yang bekerja dapat menaikkan keahlian. Sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan agar naik kelas. Sementara yang diaspora dapat memanfaatkan ruang seperti ini memeriksa keadaan

“Bagaimana segala perkembangan yang terjadi di dalam negeri, karena mustahil kita bersolek tanpa cermin,” papar Wapres.

Pada kesempatan itu, Ma’aruf juga mengingatkan, agar tetap bisa menjaga kerukunan dimanapun kita berada. Tetap saling menguatkan dan mengingatkan. “Pandemic Covid 19 telah membawa dampak yang besar bagi kita semua. Termasuk bagi para pekerja migran Indonesia,” imbuhnya.

Sementara Menteri Pertahanan dan Keamanan RI, menyampaikan, saat ini Covid 19 telah berangsur pulih, tetaplah selalu semangat, tetaplah menjadi dita bangsa yang menginspirasi untuk menjadi Indonesia yang aman, adil dan makmur. Untuk Indonesia yang adil dan makmur, “ sebut Prabowo Subianto.

Ramah tamah lintas negara juga mengundang perwakilan dari kesebelas negara yang hadir secara virtual untuk dapat melakukan live interaction, kepada para pekerja lainnya di negara mereka masing-masing. Hal ini memang diupayakan IBA dalam rangka memupuk semangat persatuan, sekaligus menebalkan tali persaudaraan serta melimpah rejeki Ramadhan bagi kita semua.(am)