1.5 C
New York
Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_img

Menparekraf Sandiaga Uno Sambut Wisman Pertama Kepri 2024

Batam – Gubernur Ansar Ahmad bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno menyambut kedatangan wisatawan manca negara (wisman) pertama tahun 2024 Provinsi Kepulauan Riau di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Lagoi, Kabupaten Bintan, Senin (1/1/2024) pagi.

Turut menghadiri penyambutan, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kepri Luki Zaiman Prawira, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, Dandim 0513 Bintan Letkol Inf Eka Ganta Chandra, dan GGM PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab.

Penyambutan wisman ini ditandai dengan pengalungan bunga dan pemasangan tanjak oleh Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno bersama Gubernur Ansar Ahmad dan Bupati Bintan Robby Kurniawan.

Menparekraf dalam sambutannya mengatakan, Kepulauan Riau merupakan Provinsi dengan kunjungan wisman terbanyak ketiga nasional yang menawarkan banyak sekali destinasi wisata luar biasa, seperti Lagoi Bay dan Treasure Bay, Pantai Trikora, Bukit Pasir di Desa Busung, Desa Wisata Poyotomo dan Ekang Anculai yang ada di Kabupaten Bintan, serta Vihara Patung Seribu yang ada di Tanjungpinang.

Menteri Sandiaga Uno menyatakan jika usulan bebas visa kunjungan (Visa on Arrival/VoA) yang diajukan Pemprov Kepri telah berada di meja Menteri Keuangan.

“Semoga bisa terwujud sehingga menjadi kado tahun baru untuk Kepulauan Riau,” ujar Menteri Sandiaga Uno.

Sementara itu, Gubernur Ansar Ahmad menyatakan kunjungan wisman ke Kepulauan Riau hingga Oktober 2023 tembus di angka 1,2 juta lebih. Jumlah itu diperkirakan bertambah hingga penutup tahun 2023 ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, lanjut Gubernur, kunjungan wisman ke Kepri sampai akhir Desember 2023  tembus di angka 1,5 juta.

“Kita bersyukur karena pariwisata Kepri telah revival (membaik) dan berharap tidak ada lagi turbulensi ekonomi. Semoga pariwisata Kepri bisa terus meroket,” pungkas Gubernur Ansar.

Disampaikan Gubernur pula, kunjungan wisman di Kepri tertinggi terjadi pada tahun 2019,  di mana kunjungan wisman tembus di angka 2,967 juta kunjungan.

“Dan kita mesti mengejar itu kembali,” lanjutnya.

Related Articles

Stay Connected

142FansSuka
54PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles