IBA dan PMI 11 Negara Gelar Halal Bihalal

oleh -
oleh

Kuala Lumpur – International Business Association ( IBA ) menggelar halal bihalal bersama ratusan orang pekerja migran Indonesia (PMI) di Negeri Jiran, Malaysia. Kegiatan digelar, Minggu (28/5/2023) itu, IBA menyampaikan komitmen untuk terus memberikan perhatian kepada pekerja migran Indonesia di luar negeri. Sehingga IBA kerap mengadakan aktivitas di negara-negara kunjungannya.

“Acara ini juga bertujuan untuk bersilaturahmi dengan Pekerja Migran Indonesia di Malaysia dan organisasi masyarakat setempat. Digelar dalam balutan nuansa Idul Fitri yang belum lama berlalu,” kata Ketua Umum IBA, Shan Shan.

Pada acara Halal Bihalal ini menjadi lebih menarik, karena juga dihadiri teman-teman PMI di negara lain. Seperti Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan, Brunei Darusalam, Dubai, Singapura, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Thailand.

Adapun peserta dari luar negeri ini menghadiri acara halal bihalal ini secara virtual. Dalam rangkaian acara ini, PMI dari berbagai negara ini melakukan interaksi lintas komunitas, saling berbagi kegiatan mereka di negara masing – masing, dimana bertujuan untuk bisa menghubungkan Kembali tali persaudaraan se-bangsa dan se-tanah air.

“Dulu sempat terhambat oleh bencana pandemic covid-19 serta diharapkan dapat saling memberikan motivasi dan dapat menginspirasi satu sama lainnya,” bebernya.

Pada puncak acara halal bihalal ini terlihat antusiasme peserta online maupun yang hadir langsung di Hotel Adamson. Dimana undian door prize berupa belasan sepeda dan motor listrik yang dimenangkan para PMI yang beruntung. Hadiah kemudian akan dikirimkan kepada keluarganya di kampung halaman oleh panitia acara.

Sorak gembira para peserta mewarnai keseluruhan rangkaian acara. Perwakilan KBRI, Bapak Yoshi Iskandar selaku fungsi penerangan dan sosial budaya yang ikut menghadiri acara ini menyampaikan bahwa yang special dari acara halal bihalal ini tidak hanya PMI dari Malaysia tetapi juga dari negara lain secara virtual yang dinilai penting kebersamaan seperti ini untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi satu sama lainnya.

Shan Shan mengharapkan kemitraan seperti ini dapat meningkatkan kemampuan skill PMI yang juga nantinya dapat meningkatkan taraf ekonomi. “Tahun 2023 memang IBA akan lebih gesit dan gencar dalam menjalankan visi misi, karena Indonesia sedang take off. Banyak hal yang harus kita kejar dari segi sector bisnis dan investasi, tidak ketinggalan misi sosial IBA dalam memberikan perhatian dan empowerment kepada PMI,” bebernya.

Diakui, momen Lebaran ini bersamaan berkumpul kembali dengan PMI di Malaysia. “Saya berharap acara ini dapat dinikmati dengan baik dan berfaedah bagi yang hadir langsung maupun online serta keluarga mereka di kampung,” harap Shan Shan.

Harapan Shan Shan itu direspon Ketua Ansor Malaysia, Nur Alamin. “Kami sangat berterimakasih kepada IBA, yang terus mengupayakan kesejahteraan PMI di berbagai negara, sungguh upaya yang luar biasa, teman – teman PMI saya yakin mereka sangat senang bisa berkumpul bersama, lebaran juga baru berakhir, selamat kepada para pemenang,” harapnya.