12.4 C
New York
Rabu, Oktober 5, 2022
spot_imgspot_img

BP Batam-Sunseap Singapura MoU Bangun Panel Surya di Waduk Duriangkang



BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menggunakan listrik tenaga surya, dalam mengoperasikan mesin pengelola air bersih dari Waduk Duriangkang. BP Batam menggandeng perusahaan Singapura, Sunseap Group Pte. Ltd. Solusi surya Sunseap yang telah terbukti di Singapura, akan mendiversifikasi portofolio energi melalui model dan strategi biaya yang kompetitif.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BP Batam dan Sunseap untuk pembangunan panel surya yang akan dioperasikan di Waduk Duriangkang, berjalan, Senin (19/7/2021). Sunseap Group sendiri, merupakan perusahaan penyedia energi bersih terbesar di Singapura yang didirikan pada tahun 2011. 



Dalam MoU ini, Sunseap akan menyediakan layanan satu atap untuk solusi energi bersih, yang mencakup elemen-elemen. Seperti pendanaan, pengembangan, perancangan, teknik dan konstruksi tenaga surya dan pasokan listrik bersih,” kat Muhammad Rudi.

“Sunseap Group memiliki total investasi mencapai Rp29 Triliun. Kedepannya lapangan pekerjaan akan tercipta sekitar 3.000 pekerja lokal tidak hanyak Batam, tetapi juga Indonesia,” ujar Rudi.

Sunseap Group akan memasang panel surya di genangan waduk dengan cara mengambang (floating). Di mana nanti hasilnya energinya akan diekspor ke Singapura dan sebagian untuk Batam. Ini akan menjadi salah satu yang terluas di Asia Tenggara dan pertama di Batam. 

“Proyek ini akan dilaksanakan pada tahun ini dan dimulai dengan persiapan perizinan dan kajian awal untuk implementasinya di genangan Waduk Duriangkang,” beber Rudi.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan secara virtual oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dengan Co-founder and CEO, Sunseap Group Pte. Ltd, Frank Phuan. Penandatanganan dihadiri oleh Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan Wahjoe Triwidijo Koentjoro, Anggota Bidang Kebijakan Strategis Enoh P Suharto, Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi Sudirman Saad, dan Anggota Bidang Pengusahaan Sjahril Japarin, serta Kepala Urusan Ekonomi Internasional BP Batam di Singapura, Michael Goutama serta pejabat BP Batam lainnya.(am)

Related Articles

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles