BI Kepri Bantu Produk UMKM Masuk Pasar Internasional Lewat Expo GMP 2023

oleh -
oleh

Batam – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri, membantu produk UMKM memasuki pasar internasional, lewat UMKM Expo Gebyar Melayu Pesisir (GMP) 2023. Kegiatan akan berlangsung, bersamaan dengan Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) forum Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Acara Opening Ceremony Gebyar Melayu Pesisir dan Expo Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle berlangsung, Selasa (26/9/2023) di Batam. Puncak kegiatan akan berlangsung, sampai 30 September 2023. Forum IMT-GT 2023 menjadi momentum untuk memperkenalkan produk UMKM Kepri kepada masyarakat dan pasar internasional UMKM Expo GMP 2023.

“Pameran yang digelar di area parkir Harbour Bay Batam. Akan menampilkan produk unggulan dari kategori kain, fashion, kriya, dan makanan yang telah lolos kurasi,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri, Suryono.

Pengunjung juga dapat menikmati sajian kopi khas Kepri pada area coffee corner. Selain itu, pameran juga akan diramaikan oleh UMKM dari provinsi se-Sumatera serta UMKM dari Malaysia dan Thailand. Dengan demikian, Bapak dan Ibu dapat merasakan langsung bertransaksi lintas negara melalui kanal pembayaran QRIS CrossBorder.

“Untuk mendorong industri fashion Kepri, malam hari ini diselenggarakan fashion show yang menampilkan hasil rancangan kain wastra melayu dari tujuh desainer ternama Kepri,” terangnya.

Disampaikan, fashion show malam ini juga akan menampilkan 4 (empat) tim finalis High School Design Competition yang telah berjalan sejak bulan Agustus lalu dan diikuti oleh lebih dari 30 tim dari SMA/SMK di penjuru Kepri. Selanjutnya, dalam rangkaian puncak GMP 2023 juga diselenggarakan seminar nasional “UMKM Ekspor Hub dalam Perluasan Akses Pasar Produk UMKM Hingga Mancanegara” pada tanggal 27 September 2023 di Ballroom Hotel Swissbell Batam.

“Termaksud digelar seminar internasional “Cross Border QR Payment to Support Tourism” pada tanggal 28 September 2023 di Ballroom Hotel Aston Batam,” bebernya.

Kemudian, 30 September 2023, akan diselenggarakan Jalan Sehat GMP 2023 sekaligus pemecahan Rekor MURI Sajian Teh Tarik Terbanyak bersama 2.409 masyarakat. GMP 2023 akan ditutup dengan pengumuman tenant UMKM terbaik dan penampilan band nasional GIGI.

“Selain menampilkan produk-produk unggulan, mulai hari Rabu, 27 September 2023, Puncak GMP 2023 juga akan menampilkan pertunjukan seni dan budaya setiap sore di panggung utama area pameran. Kami mengundang Bapak/Ibu serta seluruh masyarakat untuk turut meramaikan rangkaian Puncak GMP 2023. Bapak dan Ibu hadirin yang berbahagia,” harapnya.

Disampaikan Suryono, kegiatan ini merupakan flagship event pengembangan UMKM yang diselenggarakan oleh KPw BI Kepri, sebagai bagian dari strategi dalam berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui pengembangan UMKM. Pada kesempatan itu, disampaikan apresiasi kepada seluruh pihak atas sinergi yang telah dijalankan bersama BI, dalam mendorong pengembangan UMKM melalui berbagai kolaborasi kegiatan yang telah dilaksanakan di sepanjang tahun 2023.

“Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan inflasi yang baik tersebut salah satunya didukung oleh sektor UMKM yang terus mengalami perkembangan. Pada tahun 2023, KPw BI Kepri melakukan berbagai program dan kegiatan pengembangan UMKM yang dirangkaikan dalam GMP sebagai flagship event kami dengan puncak kegiatan yang akan dilaksanakan selama 6 hari ke depan,” harapnya.

Rangkaian Road to GMP tersebut dimulai dengan kurasi produk UMKM unggulan oleh para kurator ahli untuk melakukan pendalaman pada produk UMKM dari seluruh Kepri. Kurasi merupakan proses penting karena dari kegiatan kurasi kami dapat menemukan produk-produk potensial dari seluruh penjuru Kepri.

“Selain itu, melalui kurasi produk, para pelaku UMKM memperoleh masukan perbaikan dari para kurator untuk lebih mengembangkan produknya,” terangnya.

Dari kurasi tersebut, didapatkan produk-produk berkualitas yang selanjutnya berkesempatan untuk mengikuti showcasing atau pameran produk. Berdasarkan catatan kami, rangkaian pameran Road to GMP telah dihadiri oleh lebih dari 130 ribu orang dan menghasilkan penjualan produk UMKM lebih dari Rp 1,2 miliar.

“Tidak hanya itu, pameran Road to GMP juga menyediakan layanan perizinan, meliputi izin usaha atau NIB, Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), sertifikat halal, dan BPOM,” imbuhnya.

Menurutnya, keberhasilan Road to GMP dan capaian yang telah diperoleh tentunya merupakan hasil sinergi yang baik antara Bank Indonesia dengan pemerintah daerah. Perkenankan kami menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah baik di tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota yang telah mengkolaborasikan agenda flagship event yang dimiliki dengan Road to GMP.

“Sehingga menghasilkan impact yang semakin luas serta capaian hasil yang semakin besar,” imbuhnya.***

No More Posts Available.

No more pages to load.