Batam Triathlon 2023 Ikon Sport Tourism Baru di Batam

oleh -
oleh

Batam- Pemerintah Kota (Pemko) Batam siap mendukung terselenggaranya Event Batam Triathlon 2023 yang akan digelar di kawasan pariwisata Nongsa, pada 19 – 21 Mei 2023 mendatang.

“Kami (Pemko Batam) siap membantu dan mendukung event (Batam Triathlon 2023),” kata Ardiwinata, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, saat rapat koordinasi persiapan Batam Triathlon 2023 di ruang rapat Disbudpar, Kamis (4/5/2023).

Ia menyampaikan, Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendedikasikan pembangunan Batam sebagai kota pariwisata. Itu bisa dilihat dari infrastruktur yang tengah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Kota Batam kata Ardi, mempunyai amenitas yang lengkap, seperti 241 hotel, 1032 kafe dan restoran, 12 pusat perbelanjaan, dan ragam destinasi wisata. Kemudian Batam mempunyai ragam atraksi, baik atraksi alam, budaya, dan buatan.

Ardi optimis, Batam Triathlon 2023 akan menjadi kebangkitan pariwisata di Batam, khususnya sport tourism. Katanya lagi, kegiatan ini sejalan dengan program Visit Batam Indonesia (VBI) 2024 atau tahun kunjungan wisata ke Kota Batam (Visit Batam Years) tahun 2024. Program ini diluncurkan untuk mendongkrak kembali kunjungan wisatawan ke Kota Batam.

Dirinya berharap agar event yang diselenggarakan Metasport bersama Nongsa Resort Group ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan bisa menjadi ikon sport tourism baru di Batam.

“Mudah-mudahan after Covid-19 industri pariwisata kita terus booming,” ujarnya.

General Manager Nongsa Resort Group, Gerald Hendrik menyampaikan Batam Triathlon 2023 diikuti peserta tidak hanya dari dalam negeri namun dari luar negeri juga banyak yang sudah memastikan akan ambil bagian dalam kegiatan yang dikemas dalam bentuk sport tourism ini.

“Event ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara,”sebutnya.

Gerald berharap event yang pertama kalinya digelar di Batam ini akan berjalan sukses. “Ini bisa membawa Batam dalam peta dunia khususnya dibidang sport tourism,” ucapnya.

Resort Manager Nongsa Villa, Wahyudi menyebutkan ada beragam kegiatan yang dilombakan dalam Batam Triathlon 2023, yakni Berenang, Bersepeda dan Lari yang dibagi dalqm beberapq katagori.

Pada hari Sabtu (20/5/2023) dilaksanakan lomba Swim Challance yang meliputi etape berenang sepanjang 500/1500 meter dan Olympic, meliputi etape berenang sepanjang 1500 meter, bersepeda sejauh 40 kilometer, dan lari 10 kilometer.

Selanjutnya pada hari Minggu (21/5/2023) akan digelar lomba kategori Sprint yang meliputi etape berenang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer dan lari lima kilometer.

Berikutnya kategori Youth, meliputi etape berenang 300 meter, bersepeda sejauh 9 kilometer dan lari dua kilometer. Sedangkan untuk kategori Kids, lomba yang digelar meliputi etape berenang 150 meter, bersepeda sejauh empat kilometer dan lari 1 kilometer.

Kategori lomba lainnya yakni Fun Duo yang meliputi etape berenang sepanjang 150 meter dan berlari sejauh 1 kilometer. “Batam Triathlon 2023 selain menawarkan rute perjalanan yang menantang peserta juga akan menikmati pemandangan yang indah,” pungkasnya.(r)

No More Posts Available.

No more pages to load.