13.6 C
New York
Kamis, September 29, 2022
spot_imgspot_img

WNI PCR Palsu Lewat Batam Menuju ke Singapura



 

Batam – Tiga Warga Negara Indonesia (WNI) asal Batam, Kepulauan Riau diamankan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam, saat akan berangkat menuju Singapura. Ketiga WNI tersebut diketahui akan berangkat menuju Singapura melalui Pelabuhan Internasional Batam Center.

Ketiga orang itu diamankan, Minggu (9/5/2021), sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam, Achmad Farchanny. “Mereka akan berangkat ke Singapura, namun dokumen yang disertakan mencurigakan sehingga langsung kita amankan,” ungkap dia.



Dikatakan, pihaknya melakukan Swab Test ulang, yang langsung dilakukan di area pelabuhan. Ketiga WNI tersebut, merupakan rombongan yang berjumlah total 8 orang, dan diperkirakan bekerja ke Singapura.

“Kemungkinan akan bekerja, karena saat pembelian tiket mereka dilakukan oleh agen,” tuturnya.

Saat ini, untuk ketiga WNI yang dinyatakan positif saat ini dikirim menuju RSKI Galang untuk menjalani karantina, hingga dinyatakan negatif dan akan dilanjutkan proses hukum.

Sementara untuk lainnya saat ini juga diakuinya telah diserahkan ke pihak Kepolisian. “3 orang positif akan dirujuk dulu sampai negatif nanti bisa langsung di proses hukum. Sisa yang lain dan agennya sudah diamankan. Semuanya harus di proses secara hukum,” tegasnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, ketiga WNI pengguna PCR palsu sengaja melakukan tindakan tersebut guna mengelabui petugas ticketing dan KKP yang berada di Pelabuhan.

“Mereka periksa ke RSAB. Dan RSAB menerbitkan surat sesuai hasil pemeriksaan. Tetapi mereka ini merubahnya dari yang tadinya hasil positif diubah jadi negatif. Sepertinya suratnya di scan,” ungkapnya.

Sementara Humas RSAB Batam, Cynthia Lamusu mengaku sudah kami dapat dari lapangan. Namun pihaknya masih menunggu adanya konfirmasi dari pihak KKP Batam. “Dari pihak KKP sendiri juga setahu saya belum ada kasih kabar kekami,” tuturnya.(am)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles