13.6 C
New York
Kamis, September 29, 2022
spot_imgspot_img

Vaksinasi Anak di Batam Mulai Berjalan 



BATAM – Program vaksinasi Covid-19 yang direncanakan pemerintah, untuk anak remaja usia 12-17 tahun, sudah mulai berjalan di Batam. Hari pertama vaksinasi berjalan, Minggu (4/7) di enam sekolah di Batam, baik SMP dan SMA sederajat. 

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Azril Apriansyah mengatakan, vaksinasi siswa/siswi dimulai dari SMA 1 Sei Harapan dengan target siswa 1.195 orang. Kemudian, di SMP 25 Tiban Indah, Sekupang, 1.227 orang.



Selain itu, siswa/siswi di SMA 5 Sagulung ada 1.437 orang, di SMP 27 Sei Pelenggut, Sagulung 1.345 orang. Selanjutnya, di SMA 3 Belian, Batam Kota 1.332 orang dan di SMP 4 Tanjung Buntung, Bengkong sebanyak 1.141 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi menghimbau agar orang tua siswa di Batam, mendorong anaknya ikut vaksin. Disebut, awalnya siswa yang datang sangat sedikit. Saat dia meninjau vaksin di SMA 1 Batam pagi hari baru ada beberapa orang. Namun menjelang siang, laporan yang diterimanya, sudah mulai ramai.

“Kita himbau orang tua mendorong anaknya ikut vaksin. Vaksin disekolah mulai pukul 08.00 WIB. Ini demi kebaikan kita bersama,” kata Didi.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi langsung memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19 bagi-bagi anak remaja usia 12-17 tahun. Hal itu dilakukan tidak lain adalah upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Batam. Pasalnya Covid-19 saat ini tidak hanya menyerang orang-orang dewasa saja, tapi juga remaja dan anak-anak.

“Vaksinasi untuk remaja sudah mulai kita lakukan, khususnya untuk anak-anak SMP dan SMA/SMK,” kata Rudi.

Rudi mengatakan saat ini data anak-anak remaja di Batam atau sasaran vaksin usia di atas 12 tahun sampai 17 tahun sebanyak 118.371 anak. Pihaknya optimistis target sasaran tersebut akan divaksin seluruhnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat atau orang tua untuk tidak resah ataupun takut. Pasalnya pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan telah memastikan bahwa vaksin Covid-19 aman untuk anak-anak remaja.

“Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan edaran tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 12-17 tahun,” katanya

Karena belum punya KTP, maka sebelum vaksinasi disyaratkan membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) anak.

“Mari kita sukseskan vaksinasi untuk anak-anak remaja, mudah-mudahan Covid-19 dapat segera berakhir,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui untuk anak-remaja usia 12-17 tahun, mekanisme screening, pelaksanaan, dan observasi sama seperti vaksinasi pada usia dewasa. Pencatatan dalam aplikasi PCare vaksinasi masuk ke dalam kelompok remaja

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid mengatakan jumlah sasaran vaksinasi masyarakat Batam di atas usia 18 tahun sebanyak 785.003 orang. Capaian vaksinasinya saat ini sebenarnya sudah mencapai 53 persen di Batam.

Tapi dengan sudah diperbolehkannya vaksinasi untuk remaja maka secara otomatis jumlah sasaran vaksinasi di Batam bertambah. Saat ini data anak-anak remaja di Batam atau sasaran vaksin usia di atas 12 tahun sampai 17 tahun sebanyak 118.371 anak. Sehingga total sasaran vaksinasi di Batam saat ini sebanyak 903.374 orang.

“Karena itu untuk dapat mencapai 70 persen pada bulan Juli, vaksinasi terus kita lakukan dan dipercepat,” katanya.***

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles