13.8 C
New York
Jumat, September 30, 2022
spot_imgspot_img

Ketua KPK Sebut BP Penompang Ekonomi Nasional dan Harus Bebas Gratifikasi

Batam – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri secara gamblang mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional tidak terlepas dari peranan BP Batam dalam melakukan pembangunan dan pengelolaan di Batam. Untuk itu, ia berharap agar setiap warga negara khususnya seluruh pegawai BP Batam mampu mengambil peran dan memahami tujuan negara guna menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik (good corporate governance).

“Maka dari itu saya titip kepada BP Batam. Harus memberikan pelayanan yang mudah dalam perizinan berusaha, tanpa korupsi, tanpa penyuapan dan gratifikasi,” tegas Firli usai pertemuan dengan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi dalam kunjungan kerja di Gedung Balairungsari, BP Batam pada Sabtu (19/3/2022).

Sehingga kedepan diharap, dapat memberikan kepastian hukum, jaminan keamanan dan kemudahan perizinan bersaha kepada para pengusaha ataupun investor untuk menanamkan ivestasinya.

“Hari ini saya sengaja datang ke BP Batam karena saya melihat BP Batam memiliki posisi dan kedudukan yang strategis. Karena BP Batam dari cikal bakal berdirinya, bisa menopang pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Kedatangan orang nomor satu di KPK tersebut di BP Batam untuk memberikan supervisi dan masukan tentang Tata Kelola Pemerintahan yang Baik untuk Pengembangan Investasi di Kota Batam. Pertemuan dilakukan secara hybrid yakni hadir secara tatap muka 271 orang terdiri dari pejabat tingkat I, II, III, para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Bendahara serta secara virtual sebanyak 62 orang yakni pejabat tingkat IV di lingkungan BP Batam.

Dijelaskannya, diperlukan 3 hal untuk meningkat pertumbuhan ekonomi nasional. Pertama, belanja negara baik dari APBN maupun APBD. Kedua, konsumsi masyarakat. Ketiga, investasi. Menurutnya, investasi itu menjadi penting di Batam karena pemerintah ingin Batam adalah salah satu andalan Indonesia.

“Kita ingin Batam menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Sumatera dan kita harus bersaing dengan negara tetangga kita,” ucapnya.

Sementara, Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengaku antusias atas kedatangan Ketua KPK di lingkungan BP Batam. Hal tersebut ia harapkan dapat memberikan motivasi dan masukan kepada pihaknya dalam rangka mengambil keputusan atau pun kebijakan di bawah kepemimpinannya.

“Hari ini kita mendengarkan supervisi dan masukan-masukan dari Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi terkait langkah-langkah dalam pengembangan investasi di Kota Batam, adapun yang disampaikan sangatlah berguna bagi BP Batam dalam rangka mengambil keputusan atau kebijakan, guna menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik yang menjadi cita-cita dan harapan bagi kita semua,” ucap Muhammad Rudi.

Dihadapan Firli, Muhammad Rudi menyampaikan meskipun di tengah pandemi, pertumbuhan ekonomi Kota Batam tahun 2021 tumbuh sebesar 4,75%, dengan total nilai investasi mencapai 1,02 miliar USD.

“Pertumbuhan ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Kepri dan nasional, tentunya pencapaian positif ini harus kita pertahankan dan bila perlu kita tingkatkan lagi,” harap Rudi.(am)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles