Jelang F1 Powerboat Danau Toba, Kedatangan WNA Naik Hingga 7.918 Per Hari

oleh -0 Dilihat
oleh

Jakarta – Jumlah Warga Negara Asing (WNA) yang masuk melalui TPI Bandara Soekarno-Hatta, meningkat signifikan. Terutama menjelang ajang F1 Powerboat Danau Toba. Sejak 16 hingga 21 Februari, peningkatan dari 4 hingga 5 ribu per hari 16-18 Februari, terus meningkat dihari berikutnya. Pada 19-21 Februari, jumlah kedatangan naik jadi 5.705 orang, 6.942 orang hingga 7.918 orang.

Dikutip dari TEMPO.ID, Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto memperkirakan, peningkatan kedatangan WNA ini adalah wisatawan yang ingin menyaksikan ajang powerboat tingkat internasional di Danau Toba.

“Jumlah ini kami prediksikan akan terus meningkat hingga pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba 25-26 Februari,” kata Tito. 

Baca Juga :  Pertagas Niaga Uji Coba LNG Untuk Bahan Bakar Kapal

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan pergerakan penumpang di rute penerbangan Jakarta – Siborongborong diperkirakan mengalami peningkatan mulai 20 Februari 2023.

“Peningkatan penumpang diperkirakan mulai 20 Februari, menjelang KOPIKO F1 Powerboat pada 25 – 26 Februari 2023. Seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan nusantara dan mancanegara yang ingin menghadiri event global ini,” ujar Dwi. 

Ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta, para delegasi akan menemui personel yang disiapkan untuk memberikan asistensi. Sebagian dari delegasi ada yang langsung melanjutkan penerbangan ke Bandara Sisingamangaraja XII, sebagian lagi ada yang menginap dulu di hotel di bandara untuk kemudian terbang keesokan harinya. 

Baca Juga :  Saksikan Aksi Demo Lewat daftar Link CCTV Ini

Adapun dari Bandara Soekarno-Hatta para delegasi melanjutkan perjalanan dengan tiga pilihan maskapai yang terbang langsung ke Bandara Sisingamangaraja yaitu: Batik Air, Citilink dan AirAsia Indonesia.  

Siborongborong yang dioperasikan oleh Batik Air, Citilink dan AirAsia Indonesia. Bahkan, Citilink juga mengoperasikan rute Jakarta – Siborongborong dari Bandara Halim Perdanakusuma.  

Sebelumnya, 214 warga negara asing (WNA) delegasi, atlet dan official F1 Powerboat Danau Toba telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Ada konter khusus untuk memudahkan proses pemeriksaan dokumen keimigrasian rombongan tersebut. “Kami sediakan konter khusus untuk memudahkan proses pemeriksaan Imigrasi delegasi F1 Powerboat Danau Toba ini,” kata Tito pada Kamis 23 Februari 2023. 

Baca Juga :  Kunjungan Wisman ke Batam Naik Jadi 39.671 di Juni 2022

Gelombang kedatangan para delegasi dari berbagai negara ini sudah dimulai sejak 16 Februari lalu. Setiap hari, puluhan anggota delegasi F1 tiba di Bandara Soekarno-Hatta untuk transit dan melanjutkan perjalanan ke Sumatera Utara tempat ajang lomba boat internasional itu digelar.

“Sejak 16 hingga 22 Februari kami telah melayani pemeriksaan keimigrasian 214 WNA yang merupakan delegasi, atlet dan tim official F1 Powerboat,” kata Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto.(tempo.id)

No More Posts Available.

No more pages to load.