15.5 C
New York
Minggu, Oktober 2, 2022
spot_imgspot_img

Investasi 7 Triliun dari Toba Bara Energi Bersiap Bangun Panel Surya di Batam



Batam – Ditengah pandemi Covid-19 di Indonesia, Kota Batam mendapat calon investor dengan nilai investasi hingga Rp7 triliun. Perusahaan PT Toba Bara Energi, berencana membangun pembangkit listrik tenaga surya di Dam Tembesi, Sagulung, Batam. Perusahaan ini menandatangani MoU dengan Badan Pengusahaan (BP) Batamn untuk rencana pembangunan panel surya yang akan menghasilkan tenaga listrik sebesar 333 Megawat.

Penandatangan MoU digelar, Kamis (12/8) pagi, secara virtual di Marketing Center BP Batam, Batam Center, Batam. Hadir pada kesempatan itu, Kepala BP Batam, HM Rudi dan Dirut PT Toba Bara Energi, Dimas Adi Wibowo. Menurut Dimas Adi Wibowo mengatakan, untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya tersebut pihaknya akan berinvestasi di Batam mencapai 470 US Dolar atau sekitar Rp7 triliun.



“Kami melihat potensial yang sangat besar di Batam dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga surya terapung,” katanya.

Disampaikan, dari kajian dari dua waduk yang sudah dilakukan waduk Tembesi salah satu waduk yang cocok untuk investasi panel surya. Namun lebih lanjut, pihaknya akan melakukan kajian lebih strategis lagi.

“Kita akan lakukan kajian dan komunikasikan lebih lanjut dengan dengan pemangku kepentingan di Batam,” bebernya.

Sementara Kepala BP Batam, HM Rudi mengapresiasi MoU, yang sudah ditandatangani. Pihaknya mengapresiasi rencana investasi PT TBE dalam investasi senilai Rp7 triliun itu.

“Jika sudah terwujud, diharap membawa kemaslahatan bagi masyarakat Batam. Harga listrik di Batam akan turun nanti dengan energi surya. Masyarakat dan dunia usaha akan terdampak,” bebernya.

Pembangunan panel surya disebut Rudi, akan memudahkan perusahaan dan menjadi daya tarik Batam dalam investasi. Hingga saat ini diakui, ada lima investor yang menjajaki investasi pembangkit listrik tenaga surya di Batam.

“Ada lima lagi yang mau masuk. Kalau ada energi tenaga surya, akan menarik investasi masuk Batam,” harap Rudi mengakhiri.(am)

Related Articles

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles