11.9 C
New York
Rabu, Oktober 5, 2022
spot_imgspot_img

Deretan Sapi Limosin Kurban Jokowi



Jakarta – Presiden Joko Widodo menyiapkan 35 ekor sapi untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, yang jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. Sapi-sapi itu disiapkan disejumlah daerah di Indonesia. Sapi kurban dari Presiden beratnya bervariasi, mulai dari 800 kilogram hingga lebih 1 ton.

Diantara sapi yang dibeli, sapi jenis Limousin dengan berat 1 ton yang dibeli Presiden Joko Widodo untuk kurban Idul Adha di Kapuas, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Kemudian, ada sapi dari Jokowi, yang diserahkan Gubernur Aceh Nova Iriansyah berbobot 1,2 ton kepada Bupati Aceh Besar Mawardi Ali di kompleks Masjid Agung Al Munawwarah, Kota Jantho.



Kemudian, satu ekor sapi kurban, sebagai hewan kurban untuk masyarakat di Sulawesi Tenggara (Sultra). Sapi kurban jenis simental berbobot sekira 1,1 ton itu dipesan Jokowi dari peternak sapi di Desa Lawoila Kecamatan Konda, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Ada juga seekor sapi jenis peranakan ongole (PO) yang dipelihara oleh seorang guru di Sleman, menjadi salah satu sapi pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), berbobot 923 kilogram yang diserahkan ke Masjid Nur Ilahi, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Sapi jantan berjenis Limousin berbobot 891,55 kilogram milik peternak lokal yang menjadi sapi kurban Presiden Jokowi untuk diserahkan ke Riau pada Idul Adha 2021. Sapi seberat 1,2 ton yang terpilih menjadi sapi kurban Presiden Joko Widodo di Sumatera Barat pada Idul Adha 2021.

Sementara di Bengkulu, ada sapi jenis simental seberat 847 kilogram dari Presiden Joko Widodo untuk disembelih di Kabupaten Lebong pada Idul Adha 1441 Hijriah. Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk menyediakan sapi-sapi kurban dari Jokowi dan di bawah kontrol dokter hewan setempat.

Sementara di Palopo, Sulawesi Selatan, Jokowi berkurban sapi berjenis limosin dengan bobot 1,041 ton. Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Dispertanakbun) Kota Palopo Muh Ibnu Hasyim mengatakan, hewan kurban berumur 42 bulan itu dibeli dari kelompok peternak Rumah Sapi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

“Sapi kurban sumbangan Presiden RI Joko Widodo seharga Rp 73 juta tiba dengan selamat untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha nanti,” katanya.***

Related Articles

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles