Telkomsel Perluas Kolaborasi AI Bersama Microsoft untuk Gaya Hidup Digital Pelanggan

oleh -
oleh

Jakarta – Telkomsel memperluas kolaborasi strategis bersama Microsoft untuk meningkatkan pengalaman gaya hidup digital pelanggannya. Memperkuat integrasi Azure AI ke dalam platform pelanggan dan bisnis Telkomsel serta meningkatkan ketersediaan jaringannya.

Kolaborasi strategis ini diresmikan melalui penandatanganan kesepakatan, Selasa (27/2/2024) di Fira Gran Via, bertepatan dengan berlangsungnya perhelatan Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol. Upaya kolaboratif ini selaras dengan upaya Telkomsel untuk menjadi digital telco service provider terbaik di regional.

“Konsisten menghadirkan ragam solusi inovatif terdepan bagi pelanggan melalui pemanfaatan teknologi terkini,” kata Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng.

Disampaikan, melalui perluasan kolaborasi dengan Microsoft, memungkinkan kami untuk memperkuat kapabilitas AI di berbagai layanan yang kami tawarkan, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih cerdas, efisien, dan inovatif bagi seluruh pelanggan. Pihaknya diakui antusias berkolaborasi dengan Microsoft untuk mengeksplorasi peluang-peluang baru dalam meningkatkan berbagai layanan dan solusi terkini.

“Dengan demikian, kami dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami dalam menikmati berbagai aktivitas digital kesehariannya,” bebernya.

Sementara Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam mengatakan, kolaborasi ini mencerminkan komitmen Telkomsel untuk senantiasa menjadi yang terdepan dalam berinovasi. Dengan konsisten menerapkan teknologi terkini, seperti Microsoft Azure AI ke dalam layanannya, Telkomsel bertujuan untuk memenuhi ragam kebutuhan pelanggan yang dinamis di era digital yang kian berkembang.

“Inisiatif strategis ini juga tidak hanya memastikan peningkatan daya saing perusahaan, tetapi juga menegaskan dedikasi Telkomsel dalam memberikan layanan terbaik dan menciptakan nilai tambah bagi seluruh pelanggan,” imbuhnya.

Menurut Direktur IT Telkomsel, Bharat Alva menyampaikan, sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel terus berkomitmen untuk dapat menghadirkan pengalaman digital terdepan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Telkomsel secara konsisten terus lampaui batas dalam mendorong kemajuan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dengan teknologi terkini melalui pemanfaatan kapabilitas AI.

“Telkomsel meyakini bahwa dengan mengadopsi teknologi, khusunya melalui pemanfaatan Microsoft Azure AI ini akan membuka ruang kolaborasi yang jauh lebih berdampak terhadap kapabilitas perusahaan dalam menjawab tantangan dan kebutuhan bisnis di masa depan,” imbuhnya.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir mengatakan, “Era baru AI memungkinkan setiap individu dan setiap organisasi untuk menciptakan dampak sosial serta memaksimalkan pertumbuhan ekonomi secara lebih inklusif. Misalnya dengan mempercepat waktu untuk berinovasi, mengembangkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan produktivitas.

“Kami senang dapat memperluas kolaborasi kami dengan Telkomsel untuk membuka serta merealisasikan lebih banyak peluang AI bagi Indonesia,” bebernya.

Diakui, melalui kolaborasi ini, Telkomsel dan Microsoft akan menghadirkan program pelatihan kecerdasan buatan (AI) untuk karyawan Telkomsel, yang di antaranya mencakup pelatihan dalam penerapan AI for Sustainability dan AI for Startup. Program pelatihan pemanfaatan AI ini bertujuan untuk memberikan landasan yang kokoh bagi karyawan Telkomsel untuk memahami dan mengimplementasikan teknologi AI secara efektif, tidak hanya untuk kepentingan bisnis, tetapi juga untuk memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Kemudian Telkomsel juga akan merencanakan dan menerapkan lebih banyak teknologi Azure AI Services, termasuk Azure OpenAI Service, di berbagai platform pelanggan dan bisnis Telkomsel untuk menghadirkan solusi yang lebih inovatif dan personalisasi yang lebih baik bagi para pelanggan. Generative AI membuka berbagai peluang kreativitas untuk menghasilkan layanan baru yang dapat meningkatkan pengalaman digital pelanggan secara signifikan,” ujar Bharat.(r)

No More Posts Available.

No more pages to load.