1.5 C
New York
Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_img

Dihadiri Kada se-Sumut, Pelantikan IKABSU Disiapkan Jadi Pesta Rakyat

Batam – Pelantikan serta pengukuhan Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) Kota Batam, diharapkan menjadi pesta rakyat. Selain dihadiri warga Sumatera Utara (Sumut) di Batam, direncanakan, akan dihadiri Gubernur Sumatera Utara Letnan Jenderal TNI (Purn.) Edy Rahmayadi beserta Kepala Daerah (Kota dan Kabupaten) se-Sumatera Utara (Sumut).

Ketua Dewan Pembina IKABSU Batam, Onward Siahaan, Rabu (1/2/2023) di Batam mengungkapkan hal itu. “Kita harapkan menjadi ini menjhadi pesta rakyat asal Sumut. Sekarang kita silaturahmi setelah 2 tahun tidak karena covid-19,” ungkap Onward, di Batam, usai pertemuan dengan pengurus inti IKABSU, panitia pelantikan dan lainnya.

Terlihat, Ketua IKABSU Batam, Udin P Sihaloho, Sekretaris Mulyadi Nasution, Bendahara Gabriel Anggito Sianturi, Ketua Panitia Pelantikan, Samsul Paloh, Sekretaris Panitia Effendi Ujung, Ketua Harian Donald R Manalu, dan Dewan Pengawas Dr Sahat Sianturi.

Pada kesempatan itu, Onward menyinggung sosok Udin P Sihaloho yang terpilih menjadi Ketua Umum IKABSU. Diyakini, ditangan Udin dan dibantu pengurus IKABSU lainnya, paguyuban itu akan lebih baik. Terlebih, diakui sosok Udin sudah familiar dikalangan warga Sumut.

“Dia figur yang tepat memimpin IKABSU. Dia orang yang peduli, objektif dan bisa melihat substansi pergerakan organisasi. Jadi kedepan bisa lebih efektif dalam memayungi kepentingan warga Batam asal Sumut,” terangnya.

Sosok Udin juga dinilai menjadi figur yang potensial untuk menjadi pemimpin dari warga Sumut di Batam. “Kita mempersiapkan figur pemimpin masa depan dari IKABSU, untuk kota Batam,” harapnya.

Onward juga berharap, pada pelantikan pengurus IKABSU nanti, komitmen untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan Batam, dari warga Sumut, semakin meningkat. Demikian dalam menjaga stabilitas pembangunan.

“Terlebih seperti kondisi sekarang, mendekatiu Pemilu dan Pilkada. Warga IKABSU akan menjadi garda terdepan dalam menjaga stabilitas, walau beda pilihan,” imbuhnya.

Sementara terkait dengan isu dualisme IKABSU, Onward menegaskan, tidak ada dualisme. “Dinamika ada, tapi tidak ada dualisme? Kami tahu, karena kami pelaku sejarah pembentukan IKABSU. Gubsu, pak Edi Rahmayadi itu termaksud pendiri IKABSU. Jadi paham soal itu,” ujar Onward.

Pelantikan pengurus IKABSU sendiri akan berlangsung dengan mengusung tema “Horas, Mejuah-juah, Njuah-juah, Ya’ahowu, Ahoi” pada Jumat (3/2/2023) sore di Dataran Engku Putri Batam Center. Ketua Umum IKABSU Kota Batam Udin P Sihaloho mengatakan bahwa selain pelantikan dan pengukuhan para pengurus periode 2022-2027 ini, momen ini juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus pesta rakyat dari masyarakat Sumatera Utara yang ada di perantauan.

“Ini merupakan pesta rakyat. Dimana kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dalam mengobati kerinduan masyarakat Sumatera Utara yang ada di perantauan dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan,” terangnya.

Mengingat, tambahnya, banyak warga Sumatare Utara yang ada di Batam ternyata memiliki potensi yang sangat besar dalam mendukung program-program pembangunan yang digalakkan oleh Pemerintah Daerah

“Untuk di Batam sendiri ada sekitar 20 persenan warga Sumatera Utara di Kota Batam. Dan ini merupakan sebuah aset dan sumber daya untuk membantu Pemerintah Daerah dalam berperan serta memajukan Kota Batam,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Sumatera Utara yang ada di Batam secara khusus dan se-Provinsi Kepri secara umum untuk sama-sama meramaikan pesta rakyat ini. Dan tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Ketua Panitia pelantikan, Samsul Paloh, menegaskan semua persiapan pelantikan dan pengukuhan pengurus IKABSU periode 2022 – 2027 sudah hampir selesai dan mendekati 100 persen.

“Untuk persiapannya, sudah mencapai 90 persenan saat ini. Mulai dari persiapan pengukuhan dan pelantikan, penyambutan Gubernur dan Kepala Daerah se-Sumatera,” tegas Samsul Paloh.

Samsul Paloh mengatakan, di Momen pengukuhan dan pelantikan ini juga disejalankan dengan bazaar kuliner dan souvenir dari pelaku-pelaku UMKM se-Kota Batam.

“Jadi momen ini tidak hanya dalam bentuk pengukuhan saja, tapi juga memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk bisa berkreasi dalam ajang ini,” tegasnya lagi.

Pada pesta rakyat tersebut, nantinya akan dihadiri penyanyi Ibu Kota Judika dan artis lokal Batam serta Bakal menghadirkan 8 tarian etnis dari Sumatera Utara.(am)

Related Articles

Stay Connected

142FansSuka
54PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles