2.1 C
New York
Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_img

BI Sukses Tingkatkan Transaksi Digital dan Lahirkan Duta QRIS

Baram – Sepanjang tahun 2023 ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepri mencatat nilai transaksi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) diangka Rp1 triliun hingga Juni 2023. Pengguna QRIS pada periode Januari hingga Juni sebanyak 344.000, dengan terjadi penambahan sebanyak 81.000 pengguna pada tahun 2023.

Ditengah pertumbuhan transaksi dan pengguna QRIS itu, BI Kepri juga, Minggu (27/8/2023), melahirkan duta-duta QRIS yang baru. Sebagaimana diumumkan BI Kepri, ditentukan duta QRIS dan Duta Perlindungan Konsumen.

Lebih rinci para pemenang adalah:

Juara I : Duta QRIS : Syalsa Bhiella Aulia Fitri
Juara II : Duta Media Sosial QRIS : Angky Oktapian
Juara III : Duta Komunikasi QRIS : Sindi Nopita Agustina
Duta QRIS Tervarorit 1 : Adinda Hellen R.D.
Duta QRIS Terfavorit 2 : Dhita Febrina Putri

Juara I : Duta Pelindungan Konsumen : Dinda Dwi Lestari
Juara II : Duta Media Sosial Pelindungan Konsumen : Cinta Veridy Khansa
Juara III : Duta Komunikasi Pelindungan Konsumen : Agus Sutiandi
Duta Pelindungan Konsumen Terfavorit 1 : Firman
Duta Pelindungan Konsumen Terfavorit 2 : Megawati Oktasari

Peserta Pelindungan Konsumen Favorit: Agus Sutiandi
Peserta QRIS Favorit : Ancha Regesta
Finalis Duta PeKA Favorit : Agus Sutiandi
Finalis Duta QRIS Favorit : Adinda Helen

Pengumuman duta-duta terpilih diungkapkan pada acara puncak, kegiatan Creative and Innovative Riau Islands Carnival (Cernival) 2023. Dimana, kegiatan digelar BI Kepri dengan harapan, mampu meningkatkan transaksi pembayaran digital melalui Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Cernival yang digelar selama dua hari Sabtu (26/8) dan Minggu (27/8), menyajikan beragam kegiatan. Mulai dari Petualangan Bank Indonesia, Talk Show, Sosialisasi Perlindungan Konsumen, Noraebang, Photo Booth, Booth UMKM, Playground, Kompetisi Cosplay, Donor Darah, Kompetisi E-Sport Mobile Legend dan Kompetisi K-Pop Dance Cover. Bahkan acara akan dimeriahkan Band Nidji & Road Roots.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri, Suryono mengatakan kegiatan ini mendorong digitalisasi pada perekonomian Indonesia, termasuk pada aspek sistem pembayaran melalui penggunaan QRIS

“Kegiatan ini merupakan perwujudan komitmen dan sinergi Bank Indonesia Kepri dengan pemerintah daerah serta mitra strategis mengembangkan ekonomi dan keuangan digital melalui implementasi kebijakan sistem pembayaran dan perlindungan konsumen,” ucapnya.

Ia menyampaikan, kegiatan ini bisa menjadi sarana edukasi kebijakan Bank Indonesia serta memfasilitasi masyarakat untuk merasakan pengalaman kemudahan bertransaksi menggunakan QRIS. Karena, bertransaksi menggunakan digital sangatlah mudah.

“Bertransaksi menggunakan QRIS selama festival berlangsung, masyarakat berkesempatan untuk mendapatkan promo menarik dari puluhan UMKM yang menawarkan produk terbaiknya pada Cernival 2023,” jelasnya.

Cernival 2023 juga mengadakan dengan Talk Show Coastal Era 2.0. (Consumer Protection and Data Security 2.0), yang menghadirkan narasumber dan praktisi ahli di bidang digital banking dan dompet elektronik. Talk show digelar bertujuan agar masyarakat dapat memahami current issue/case di era digital dan cara untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dengan demikian, keberdayaan konsumen jasa sistem pembayaran diharapkan dapat meningkat, sehingga mampu menjadi konsumen yang PeKA (Peduli, Kenali, Adukan),” ucapnya.

Momentum Cernival 2023 juga akan menjadi ajang kreativitas bagi generasi muda dengan diselenggarakannya berbagai kompetisi, antara lain: e-sports Mobile Legend; Cosplay untuk penggemar anime, manga, dan game; K-Pop Dance Cover, serta beberapa kompetisi lain.

“Sedangkan untuk acara puncak Cernival 2023 dimeriahkan dengan penampilan band nasional dan lokal, yaitu Nidji dan Road Roost,” beber Suryono.

Cernival 2023 diharapkan dapat menjadi festival yang memberikan pengalaman lengkap kepada masyarakat, baik dari segi edukasi, teknologi, hiburan, dan budaya dalam sebuah rangkaian kegiatan.

“Kita akan terus berkelanjutan menggelar event agar pertumbuhan ekonomi di Kepri meningkat,” harap Suryono.

Sementara, Wakil Gubenur Kepri Marlin Agustina resmi membuka acara Cernival 2023 yang digelar Bank Indonesia Kepri di One Batam Mal, Sabtu (26/8) malam.

“Kuta sangat mengapresiasi acara ini yang digelar BI Kepri yang lebih banyak menyasar pelaku UMKM. Diharapkan dengan peranan BI Kepri yang mendorong digitalisasi salah satunya melalui metode pembayaran QRIS pada pelaku UMKM dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kepri,” pesan Marlin.

Marlin juga berpesan agar secara berharap BI lebih masif lagi melakukan sosialisasi penggunaan QRIS tak hanya pada pelaku usaha, UMKM, tapi juga menyasar masyarakat terutama kaum ibu-ibu.

“Ini agar ibu-ibu lebih paham dalam menggunakan QRIS. Karena, ini kesulitan ibu-ibu jika membayar menggunakan digital. Pembayaran digital sudah memudahkan pelaku usaha dan masyarakat,” ujar Marlin mengakhiri.(am)

Related Articles

Stay Connected

142FansSuka
54PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles