4.1 C
New York
Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_img

Argentina Raih Rp655,8 Miliar Setelah Juara Dunia dan Messi Raih Pemain Terbaik

Jakarta – Argentina berhasil juara Piala Dunia 2022,  setelah mengalahkan Prancis di final lewat  drama adu penalti yang berakhir skor 4-2 (3-3). Lionel Messi, bintang Argentina yang mencatat sejumlah rekor, dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia, Golden Ball, yang seharusnya diraih pada Piala Dunia 2010.

Pada final Piala Dunia yang berlangsung Minggu (18/12/2022), di Stadion Lusail, Qatar, Messi mendapat penghargaan man of the match pertandingan final Argentina vs Prancis, sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai peraih man of the match terbanyak di Piala Dunia.

Kylian Mbappe (Prancis), yang mencetak hattrick, menyabet Golden Boot, top skor Piala Dunia Qatar, dengan delapan gol. Sementara Messi meraih tujuh gol pada turnamen ini. Messi mencetak dua dari tiga gol Argentina di waktu normal dan mencetak satu gol di babak adu penalti. Satu gol lainnya lahir dari assist-nya.

Emiliano Martinez, kiper Argentina, menjadi kiper terbaik Piala Dunia Qatar. Eks penjaga gawang Arsenal –yang menggagalkan dua tendangan penalti Prancis– ini juga adalah pahlawan Timnas Argentina ketika merebut Copa Amerika 2021 (lihat profil Emiliano Martinez). Martinez saat ini kiper utama Aston Villa (Liga Inggris).

Enzo Fernandez, pemain Argentina berusia 21 tahun yang bermain di Benfica (Portugal), merebut gelar pemain muda terbaik (lihat profil Enzo Fernandez).

Pertandingan terpaksa diselesaikan melalui babak adu penalti setelah kedua kubu bermain imbang 3-3. Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil keluar sebagai pemenang karena seluruh algojo penalti berhasil menyarangkan bola ke gawang. Sementara dua pemain Prancis gagal menunaikan tugasnya.

Rangkaian puzzle trofi Lionel Messi pun lengkap seiring dengan gelar Piala Dunia yang diraih oleh pemain 37 tahun itu. Ini menjadi bukti tegas Messi sebagai salah satu pemain terbaik di dunia sepanjang sejarah.

Argentina berhak mengangkat trofi Piala Dunia 2022 sekaligus mendapat hadiah tertinggi. Dalam laporan NBC Sports, juara Piala Dunia 2022 mendapat uang tunai sebesar US$42 juta atau setara dengan Rp655,8 miliar.

Sementara Prancis yang berstatus runner-up berhak mendapat hadiah sebesar US$30 juta atau sebesar Rp468,4 miliar. Ketika menjuarai Piala Dunia 2018, Prancis mendapatkan US$38 juta.

Terdapat peningkatan US$4 juta untuk hadiah juara pertama dari Piala Dunia 2018 ke Piala Dunia 2022. FIFA menyiapkan total dana US$440 juta atau setara dengan Rp6,8 triliun untuk hadiah, termasuk biaya yang diserahkan kepada tim yang lolos ke putaran final, babak 16 besar, perempat final, dan semifinal.

Uang hadiah yang diberikan panitia berasal dari pendapatan yang diterima selama Piala Dunia berlangsung. Tim peserta memiliki hak untuk mengatur dana hadiah untuk diberikan kepada pemain dan staf tim.

Seperti diketahui, Argentina memastikan titel juara usai kemenangan di partai final pada Minggu (18/12/2022). Bermain di Stadion Lusail, Doha, Qatar, mereka menumbangkan Timnas Prancis lewat adu penalti dengan skor 4-2, setelah imbang 3-3 dalam 120 menit.

Lionel Messi mencetak dua gol pada menit ke-23 dan 108’. Satu gol tambahan dicetak Angel di Maria (32’). Sementara tiga gol Timnas Prancis dicetak oleh Kylian Mbappe pada menit 80, 81, dan 118.

Related Articles

Stay Connected

142FansSuka
54PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles