Kolaborasi dengan Kaum Muda, Dibalik Pilihan Onward Siahaan Gabung PSI

oleh -
oleh

Batam – Anggota DPRD Provinsi Kepri, Onward Siahaan, resmi menyatakan, siap bertarung di Pemilu 2024 mendatang. Pada pesta demokrasi kali ini, Onward memilih untuk bergabung dengan PSI. Sebagai mantan aktivis mahasiswa dan pemuda, serta melanglang buana didunia politik Kepri selama sekitar 20 tahun, dia memiliki alasan kuat, untuk pindah partai.

Sebagai politisi senior, Onward Siahaan, Jumat (13/10/2024) mengaku, memilih bergabung dengan partai yang identik dengan kaum muda itu. “Saya ingin kolaborasi dengan anak-anak muda. Di PSI, kami akan membangun kolaborasi yang saling menguatkan, antara anak muda dan generasi lebih tua,” ungkap Onward.

Onward mengaku, walau baru bergabung dengan PSI, namun dalam proses yang dijalani partai itu, ia dapat berinteraksi dengan baik. Di PSI, Onward bahkan menjadi Caleg DPRD Kepri dari Dapil Sagulung, Batuaji, Sekupang dan Belakang Padang.

“Saya dengan aktivis muda sudah terbiasa, karena selama ini saya selalu berinteraksi dengan kaum muda dari GMKI dan pemuda dilingkungan gereja dan Serikat Tolong Menolong (STM),” jelasnya.

Diakui, pilihannya bergabung dengan PSI lebih tepat, karena bisa membantu kaum muda Batam dan Kepri, untuk menikmati aktivitas di dunia politk. “Saya melihat, waktu saya yang produktif didunia politik, sekitar 10 tahun. Paling tidak, lima tahun pertama ini saya ingin sharing dengan anak-anak muda. Pilihan yang lebih tepat, di PSI,” ucap mantan anggota DPRD Kota Batam ini.

Pilihannya untuk lebih dekat dengan kaum muda, karena memiliki idealisme. Namun karena pengalaman kurang, sehingga dalam realisasi atau aktualisasi pemikiran atau dalam tindakan, kurang berjalan efektif.

“Sehingga kedepan, kolaborasi dengan anak-anak muda ini, seperti kolaborasi pengalaman dan idealisme. Akan efektif, mendorong anak muda untuk maju kedepan,” bebernya.

Sekilas, Onward menyampaikan pandangan atas peta politik Batam kedepan. Saat ini diungkapkan, anak-anak muda di Batam masih lebih sedikit dibanding kaum tua. Namun peta politik antara kaum muda dan kaum tua akan berbalik. Sehingga dibutuhkan persiapan generasi penerus yang lebih matang dibidang politik.

“Pemilih di Batam, dengan jumlah pemilih yang saya perhatikan, untuk saat ini 35 keatas masih 60 persen. Berbeda dengan pemilih secara nasional, yang kaum muda sekirar 60 persen,” urai anggota DPRD Kepri dari Gerindra ini.

Dengan bergabungnya ia ke PSI, diharapkan dapat memberikan contoh untuk anak-anak muda. Sekaligus dapat membantu anak muda di PSI, bangkit lebih tinggi. “Di partai ini, kita akan memberikan manfaat dalam kolaborasi atau sharing pengalaman kepada anak-anak muda,” harapnya.

Dengan idealisme partai dan kadernya selama ini, Onward mengaku ingin diikuti dengan tindakan yang lebih praktis. Berangkat dari pengalamannya di politik, dapat mendorong idealisme PSI, dapat diaktualisasikan.

“Idealisme harus dapat dioperasikan. Untuk dapat dioperasikan, maka perlu mempertimbangkan sisi-sisi pragnatis. Sepanjang tidak mengorbankan idealismenya. Demikian juga dengan pragmatisme yang dikejar, maka menjadi oportunis,” imbuhnya mengakhiri.(am)

No More Posts Available.

No more pages to load.