2.7 C
New York
Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_img

Ganjar dan APEKSI Gotongroyong Bangun Negara Pancasila Indonesia

Penulis, Firman Jaya Daeli
Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia, Mantan Ketua DPP PDI Perjuangan dan Mantan Anggota DPR/MPR-RI

Gubernur Jateng yang juga Calon Presiden RI Ganjar Pranowo, diundang oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) untuk menyampaikan Pemikiran dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI APEKSI. Kegiatan berlangsung pada hari Kamis, tanggal 13 Juli 2023, di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Walikota Makassar, Sulsel Danny Pomanto sebagai Tuan Rumah dan Pimpinan Penyelenggara Rakernas APEKSI ; Walikota Bogor, Jawa Barat (Jabar) Bima Arya Sugiarto sebagai Ketua APEKSI memimpin dan memandu acara pemaparan Ganjar Pranowo serta Dialog dan Diskusi.

Ganjar Pranowo secara meyakinkan menyampaikan pemikiran dan pertimbangan serta menemukan pergumulan dan perjuangan APEKSI. Terutama untuk Bergotongroyong Membangun dan Memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan Ganjar Pranowo setelah menjadi Pembicara Rakernas, kemudian berlanjut dengan Berwisata Kuliner khas sosial dan kultural Sulsel ; dan kegiatan lain. Turut mendampingi dan menemani, antara lain : Walikota Makassar, Sulsel Danny Pomanto ; Walikota Bogor, Jabar Bima Arya Sugiarto ; Penulis ; Anggota DPR-RI yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Sulsel Andi Ridwan Wittiri ; Anggota DPRD Provinsi Sulsel yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulsel Rudy Peter Goni, figur-figur dan elemen-elemen strategis, dan lain-lain.

Atmosfir kegiatan tersebut melahirkan dan menumbuhkan serangkaian utuh aspirasi murni dan apresiasi tulus warga masyarakat kepada Ganjar Pranowo. Kemudian, sebelum, saat, dan setelah kegiatan Rakernas APEKSI, Gubernur Jateng dan Calon Presiden RI Ganjar Pranowo “bertegur sapa atau menyapa” komunitas APEKSI dan juga warga masyarakat berbagai asal daerah dari Indonesia, di Makassar.

Juga berkomunikasi mendengar dan menanggapi aspirasi warga masyarakat. Ekosistem dari bangunan dan materi pemikiran beserta pemaparan utuh, menyeluruh, dan mendasar dari Ganjar Pranowo, pada dasarnya mendapat tempat dan dukungan sepenuhnya. Terutama dari Tamu, Undangan, Peserta Rakernas. Juga dari Anggota dan Pengurus serta Keluarga Besar APEKSI.

Kualifikasi dan relevansi pemikiran dan penampilan Ganjar Pranowo memiliki dan mendapati atmosfir aspirasi pergumulan, pergulatan, dan tantangan Daerah-Daerah (Kepemimpinan Daerah). Khususnya dari kalangan Walikota dan Wakil Walikota serta komunitas APEKSI.

Narasi kehadiran dan kebersamaan Ganjar Pranowo berbasis pada kebijakan visioner dan agenda misioner APEKSI. Komunitas APEKSI pada dasarnya mengharapkan dan membutuhkan pemikiran ideologis strategis dan perhatian serius sungguh-sungguh untuk membangun dan memajukan Kota di Indonesia.

Pembangunan dan pemajuan tersebut pada gilirannya berhubungan erat dan berhubungan utuh dengan Pembangunan dan Pemajuan Indonesia. Ada relasi struktural dan fungsional antara keberadaan, kebangkitan, dan kemajuan Kota dengan “Indonesia yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil, dan Makmur”.

Dalam konteks dan dalam kerangka relasi tersebut di atas, Ganjar Pranowo menyampaikan konsep strategis makro dan agenda teknis mikro yang terdata, terukur, terencana, tertata, dan terarah. Khususnya untuk menumbuhkan dan mengukuhkan kualitas Kota bagi kekuatan Indonesia. Intisarinya adalah “Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat” – sebagaimana Tema Rakernas.

Perihal tersebut memperoleh perhatian serius dan dasar sungguh-sungguh dari Ganjar Pranowo. Tentu karena disebabkan dan dilatarbelakangi oleh kualitas, kapasitas, dan integritas kepemimpinan dan kinerja Ganjar Pranowo yang kapabel, profesional, dan kredibel.

Tipologi figur kepemimpinan yang mengandung tipikal yang mau, mampu, dan bersedia “mendengar, melindungi. melayani, mengayomi” rakyat untuk mengabdi dan memimpin Indonesia. Ganjar Pranowo memiliki pengalaman dan mempunyai kematangan yang otentik dan konkrit di bidang Legislatif, di bidang Eksekutif, di bidang Profesional, dan di sejumlah bidang lain.

Sehari sebelumnya, sudah berlangsung acara Pembukaan Rakernas XVI APEKSI, pada hari Rabu, tanggal 12 Juli 2023, di Makassar, Sulsel. Para Tamu, Undangan, dan Peserta mengikuti secara langsung dan mengikuti secara virtual zoom rangkaian dan tahapan acara. Juga sembari menyaksikan dan menikmati sejumlah pementasan berbagai kesenian dan kebudayaan. Intinya adalah yang beratmosfir khas Indonesia. Hadir sejumlah tamu kehormatan dan undangan khusus yang diundang mengikuti acara Pembukaan.

Duduk dalam daftar deretan kursi VIP, antara lain : Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Ketua Pengadilan Tinggi Sulsel, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel, Pangdam XIV/Hasanuddin (membawahi dan meliputi teritorial Sulsel, Sultra, Sulbar), Pangkoopsud 2, Danlantamal Makassar, Sulsel, Penulis, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, beberapa Rektor dari Perguruan Tinggi, Pimpinan Institusi, Instansi, Elemen, Komunitas, dan lain-lain.

Kemudian ada beberapa Pimpinan Pemerintahan Daerah (Kota). Juga menyampaikan Kata Sambutan dalam acara Pembukaan, antara lain, Walikota Makassar, Sulsel Danny Pomanto sebagai Tuan Rumah Penyelenggara ; Walikota Bogor, Jabar Bima Arya Sugiarto sebagai Ketua APEKSI ; Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri RI Suhajar Diantoro. Para Walikota dan Wakil Walikota Se-Indonesia beserta jajaran terkait, beberapa Kepala Daerah di Sulsel, dan lain-lain – datang menghadiri dan mengikuti keseluruhan tahapan dan rangkaian acara.

Rakernas XVI APEKSI berlangsung dengan Tema : “Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat”. Terminologi Tema berkaitan dan berintikan pada konstruksi, substansi, dan relasi keberadaan, kebangkitan, dan kemajuan Kota dalam kerangka Membangun Negara Proklamasi 17 Agustus 1945, yaitu Indonesia yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil, dan Makmur. Perspektif Tematis tersebut, menguatkan dan mengukuhkan Kota dalam konteks sebuah Indonesia yang demokratis, konstitusional, Berkeadilan, dan Berkemakmuran.

Keseluruhan ekosistem keberadaan dan kehadiran Ganjar Pranowo, penyelenggaraan Rakernas berikut dengan Tema, keberlangsungan dan keberlanjutan APEKSI, menggelorakan dan memancarkan doktrin dan spritualitas Indonesia. Doktrin dan spritualitas tersebut pada dasarnya mengukuhkan, memaknai, dan membumikan Nilai-Nilai Persatuan Indonesia dan Nilai-Nilai Bergotongroyong dalam Negara Pancasila Indonesia. Keseluruhan Nilai yang memastikan bahwa “Kota adalah Kita ; Kita adalah Kota ; Kota adalah Indonesia ; Indonesia adalah Kota ; Kita dan Kota adalah Ganjar Pranowo ; Ganjar Pranowo adalah Kita dan Kota”. Salam APEKSI ; Salam Indonesia Kita.***

Related Articles

Stay Connected

142FansSuka
54PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles