12.4 C
New York
Rabu, Oktober 5, 2022
spot_imgspot_img

 Bupati Toba Ajak Tanami Lahan Kosong dengan Jagung



Toba – Bupati Toba, Poltak Sitorus memotivasi petani memanfaatkan lahan atau tanah kosong untuk bertanam jagung. Motivasi disampaikan, karena Pemerintah Kabupaten Toba sudah siap menyediakan bantuan bibit jagung berkualitas kepada masyarakat.

Disampaikan Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Toba, Robinson Siagian di Balige Jumat (23/7/2021), dukungan Poltak disampaikan sehari sebelumnya. Saat itu, Poltak mengikuti acara, pencanangan penanaman bibit jagung kali pertama di Desa Nauli, Kecamatan Sigumpar.



“Mari manfaatkanlah lahan atau tanah kosong untuk bertanam jagung. Pemerintah sudah siap menyediakan bibit jagung berkualitas yakni pioner 32,” kata Robinson.

Robinson menjelaskan, dari dulu Bupati Poltak sudah mencetuskan Kabupaten Toba “unggul dan bersinar”. Untuk mewujudkan itu salah satu langkah yang diterapkan melalui pertanian makmur dan sejahtera. Karenanya masyarakat diajak bupati memanfaatkan lahan untuk bertanam jagung seusai panen padi guna menambah penghasilan petani dan pemulihan ekonomi warga di tengah pandemi Covid-19.

Kaum bapak, diharapkan tidak lagi sering berkumpul di kedai. “Kaum bapak diajak memanfaatkan waktu dan lahan untuk ditanami jagung,” terang Robinson.

Selain itu, lanjut Robinson, bupati juga memotivasi warga untuk berhitung akan hasil panen jagung. Kalau panennya bagus, hasilnya diharapkan dapat disisihkan untuk membeli bibit jagung sehingga pertanaman jagung bisa berkesinambungan.

Sebelumnya, kata Robinson, perwakilan 7 kelompok tani sudah melaporkan bahwa 2 tahun terakhir masyarakat di Desa Nauli mengalami tantangan dalam bertani jagung akibat hama ulat.
Bupati Poltak menanggapi hal ini memberikan kesempatan kepada Koordinator Petugas Hama Penyakit Holtikultura, J. Siahaan untuk memberikan solusi soal hama ulat tersebut.

Kepala desa dan Camat Sigumpar, Jaga Situmorang dalam laporannya menyampaikan bahwa di Desa Nauli sudah disiapkan 20 ha lahan dan 215 ha se-Kecamatan Sigumpar untuk ditanami jagung.

Turut hadir Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus, Ketua TP PKK Toba Ny. Marlina Poltak Sitorus,Wakil Ketua TP PKK Toba Ny Erna Tonny Simanjuntak dan Ketua Dharma Wanita Toba Ny. Riama Audi Murphy Sitorus, Staf ahli Bupati Darwin Sianipar dan sejumlah pejabat lainnya.(r)

Related Articles

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles