Akhirnya Kamaludin Disahkan Jadi Ketua DPRD Kota Batam Periode 2024-2029

oleh -49 Dilihat

Batam – DPRD Kota Batam akhirnya menggelar rapat paripurna dengan agenda pengumuman dan penetapan pimpinan definitif periode 2024-2029. Pada kesempatan itu, disahkan H Kamaluddin sebagai Ketua DPRD Kota Batam dari Partai NasDem.

Pada rapat paripurna yang berlangsung,Rabu (25/9/2024) siang, disahkan juga, Aweng Kurniawan, Wakil Ketua 1 DPRD Kota Batam dari Partai Gerindra. Kemudian Hendra Asman sebagai Wakil Ketua III DPRD Kota Batam dari Partai Golkar.

Sementara Wakil Ketua DPRD Batam dari PDI Perjuangkan belum ditetapkan. Menurut aketua Sementara DPRD Kota Batam Asnawati Atiq, menegaskan rapat paripurna penetapan dan penguman ini sudah sesuai dengan aturan yang ada, khususnya terkait Pedoman Penyusunan Tata Tertib.

“Maka rapat paripurna ini dapat dilangsungkan,” jelas Asnawati Atiq.

Pihaknya juga menegaskan, sesuai aturan ketentuan yang ada bahwa Pimpinan DPRD merupakan satu kesatuan pimpinan yang bersifat kolektif dan kolegial.

“Yang dimaksud kolektif dan kolegial adalah tindakan dan atau Keputusan Rapat Paripurna oleh satu atau lebih unsur Pimpinan DPRD dalam rangka melaksanakan tugas dan wewenang Pimpinan DPRD sebagai tindakan dan atau keputusan semua unsur Pimpinan DPRD mempunyai kekuatan hukum sama,” jelasnya.

Oleh karena itu, tambahnya, DPRD Kota Batam sudah mengirimkan surat kepada partai politik peraih suara terbanyak untuk segera mengambil keputusan untuk nama-nama calon Pimpinan DPRD Kota Batam periode 2024-2029.

Dan sudah didapatkan keputusan bahwa partai politik peraih suara terbanyak telah memutuskan, kecuali PDI Perjuangan.

“Mengingat, PDI Perjuangan yang mendapatkan suara terbanyak ketiga dalam Pemilu lalu, belum menyampaikan nama anggota dewan yang diusulkan untuk menjadi Wakil Ketua II DPRD Kota Batam,”jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Batam dan Wali Kota Batam, Haji Muhammad Rudi mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD Kota Batam, selamat mengemban tugas amanah rakyat.

Ia menyampaikan untuk keberlanjutan pembangunan Kota Batam diperlukan kolaborasi antara eksekutif dan legislatif. Sinergitas ini menjadi penentu untuk mencapai visi dan misi pembangunan Kota Batam ke depan.

“Alhamdulillah selama ini sinergitas antara Pemerintah Kota Batam dan DPRD Kota Batam sudah terjalin dengan baik. Keberhasilan pembangunan di Kota Batam tentunya tidak terlepas dari dukungan pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Batam,” tuturnya.***