Resmi Ditetapkan KPU Kepri, Rudi-Rafiq Pasangan Ideal Pimpin Provinsi Kepri

oleh -17 Dilihat

Batam — KPU Kepri telah menetapkan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri 2024, siang ini, Ahad (22/9/2024), dalam rapat pleno KPU Kepri, Tanjungpinang. Pasangan H Muhammad Rudi dan H Aunur Rafiq menyambut gembira penetapan tersebut.

“Alhamdulillah, pasangan H Muhammad Rudi dan H Aunur Rafiq yang disingkat Rudi-Rafiq telah ditetapkan oleh KPU Kepri. Kami menyambutnya dengan gembira,” kata Koordinator Jubir Tim Pemenangan Rudi-Rafiq, Candra Ibrahim, kepada media, Ahad, usai mendapat info terkait.

“Ini pertanda baik bahwa Kepri akan memiliki gubernur dan wakil gubernur baru. Insya Allah,” tambah mantan Dirut Batam Pos itu, optimis.

Optimisme tim Rudi-Rafiq sangat beralasan. Sebab, paslon ini merupakan kombinasi ideal mewakili daerah suara terbesar pertama dan kedua di Provinsi Kepri. Rudi yang merupakan Wali Kota Batam dan Kepala BP Batam sedang memimpin pulau dengan jumlah pemilih 899.666 orang. Sedangkan Rafiq adalah Bupati Karimun (juga dua periode), daerah dengan pemilih 194.290 orang. Total DPT Kepri adalah 1.559.727 orang.

Dilanjutkannya, penetapan oleh KPU Kepri, sekaligus merupakan tahapan penting bagi perjalanan paslon Rudi-Rafiq di Pilkada Kepri tahun 2024. Sebab, jauh sebelum ini banyak yang meragukan paslon tersebut akan dapat perahu untuk berlayar karena ada gerakan memborong partai dari paslon lain.

“Alhamdulillah, sejak awal, Partai Nasdem dan PDIP tetap istiqomah. Kemudian disusul oleh PSI, Buruh, Hanura, dan PKN. Meskipun koalisi semut, kami tak gentar sedikit pun menghadapi koalisi gajah di sebelah!” tegasnya.

Berikutnya, paslon Rudi-Rafiq akan mengikuti agenda KPU Kepri lainnya, yakni pencabutan nomor urut sekaligus penetapan di TCC Aston Tanjungpinang, Senin besok. Sehari kemudian, paslon Rudi-Rafiq akan mengikuti agenda Deklarasi Pemilu Damai oleh KPU Kepri.

“Barulah dua hari kemudian, yakni hari Rabu (25/9/2024), kami akan meluncurkan kampanye perdana di Batam. Insya Allah akan diikuti 3 ribu hingga 5 ribu massa dari partai koalisi, relawan, dan simpatisan,” tutup Candra.

Dalam pilkada ini, tim pemenangan Rudi-Rafiq dipimpin oleh Irjend Pol (Pur) Darmawan, didampingi Sekretaris M Kamaluddin, dan Bendahara T Afrizal Dachlan. Di ketua Pengarah adalah HM Soerya Respationo. Tim juga dilengkapi oleh divisi lengkap.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akhirnya menetapkan bakal pasangan calon (Bapalon) kepala daerah dan wakil kepala daerah menjadi pasangan calon (Paslon) di Pilkada Kepri 2024.

Hal ini terungkap pasca-KPU Kepri melakukan rapat pleno tertutup oleh Komisioner KPU di Tanjung Pinang pada Minggu (22/9/2024) pagi sekitar pukul 09.00 Wita.

Pleno tersebut dipimpin langsung Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi, yang didamping anggota KPU lainnya serta Sekretaris KPU Kepri.

“Puji syukur, akhirnya kami sudah melakukan rapat pleno yang dilakukan secara tertutup. Jadi bakal pasangan calon yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah ditetapkan. Ada dua pasangan calon ditetapkan,” tegas Anggota KPU Kepri, Ferry Manalu saat dihubungi awak media.

Pihaknya juga menegaskan penetapan dua pasangan calon di Pilkada Kepri ini tinggal menunggu surat keputusan (SK) dari KPU Kepri.

“Kita sudah plenokan dan menetapkan H.Ansar Ahmad ,SE, MM dan Nyanyang Haris Pratamura ; dan H.Muhammad Rudi bersama Dr. H.Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si, Sebagai Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau. Sudah disahkan. Tinggal menunggu SK, sementara ini di proses. ,” katanya.***