Pawai Pembangunan Tampilkan Budaya Nusantara Hingga Kendaraan Hias di HUT RI ke-79

oleh -94 Dilihat
oleh

Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menggelar pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI tingkat Kota Batam. Kegiatan ini akan digelar Minggu (11/8/2024).

Pawai pembangunan ini akan melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Batam, kecamatan, paguyuban, organisasi masyarakat, hingga pelajar.

“Dalam kegiatan pawai pembangunan ini akan digelar pawai budaya dan kendaraan hias yang akan dipusatkan di Dataran Engku Hamidah, Batam Centre,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Batam, Yusfa Hendri, Minggu (4/8/2024).

Yusfa mengungkapkan bahwa pergelaran pawai yang akan menampilkan beragam budaya nusantara itu menunjukkan Batam yang terdiri dari beragam suku namun tetap bersatu.

Untuk menyukseskan pawai tersebut agar masing-masing perangkat daerah dan kecamatan mengikuti Pawai Budaya dan Kendaraan Mobil Hias. Untuk Pawai Budaya (orang) menampilkan pakaian adat daerah yang sudah ditentukan di masing-masing perangkat daerah.

“Keikutsertaan dalam Pawai Pembangunan (pawai budaya dan pawai kendaraan hias) agar dilengkapi dengan sinopsis yang diserahkan kepada Panitia HUT RI. Pawai kendaraan hias akan diperlombakan dengan hadiah uang pembinaan,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengajak semua masyarakat Batam untuk turut memeriahkan HUT ke-79 RI.

“Mari bersama kita menyemarakkan HUT ke-79 RI di Batam,” ajak Rudi.

Wali Kota mengungkapkan bahwa pergelaran pawai yang akan menampilkan beragam budaya nusantara itu menunjukkan Batam yang terdiri dari beragam suku namun tetap bersatu.

“Jaga terus berasatuan dan kesatuan demi Batam yang lebih maju,” ujar Rudi.

Rudi mengajak, di momen HUT ke-79 RI ini, seluruh lapisan masyarakat untuk terus hidup rukun dan damai demi menciptakan rasa aman dan suasana kondusif.

“Kalau Batam aman dan kondusif pembangunan makin lancar dan akan terwujud Batam Kota Baru,” katanya.***