Nikmati Malam di Batam Lewat Sepeda dan Melodi

oleh -84 Dilihat
oleh

Batam – Komunitas Batam Folding Bike (BFB) memadukan sepeda dan musik dalam aktivitas rutin mereka. Infrastruktur Batam yang menunjang, terutama trotoar yang lebar, dan banyaknya jalur sepeda, memungkinkan dua aktivitas itu dilaksanakan.

“Kita memadukan kegiatan ini untuk menunjukkan bahwa kota ini semakin ramah di malam hari. Untuk beraktivitas dengan beragam kreativitas. Olah raga berpadu dengan seni itu terapi yang paten,” kata Ketua BFB, Rizal Saputra, di Kantor Pos Batamcente, Kota Batam, Selasa (23/7) malam.

BFB, yang didukung Pos Indonesia, menggelar acara ini dengan semangat Melody on Our Wheels. Kegiatan night ride (gowes malam) dipadukan dengan musik yang diisi musisi Batam, Yan Gaboh. Yan, memang selalu tampil di berbagai kafe, hotel dan event tertentu membuka gowes malam dengan dua tembang.

Setelah itu, lebih dari dua puluh pesepeda menelusuri kawasan Batamcentre. Berkeliling tidak lebih dari sepuluh kilometer, mereka kembali lagi ke Kantor Pos yang selalu buka hingga pukul 20.00 WIB.

Di teras kantor pos, yang memang menyatu dengan trotoar yang lebar dan jalur sepeda, para pesepeda menikmati lantunan tembang penghangat suasana. Tampak hadir Koordinator Bike To Work Batam Haryoto, Ketua Batam Brompton Club Ipit Darmaji, Sekretaris REI Khusus Batam Indra Harianto serta sejumlah pesepeda seperti Harry P Utomo.

Dari Kantor Pos Batamcentre, hadir M Yusuf Setiawan, Manager Penjualan Ritel dan Kemitraan dan Mohammad Taufik, Asisten Manager Dukungan Umum dan Soltek. Hadir juga sejumlah goweser dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri seperti Harianto, Novianto, Dedi Suwadha dan Syahrul.

Menurut Rizal, biasanya, aktivitas night ride, hanya sekadar gowes saja. Menelusuri berbagai lokasi di Batam, secara berbeda. Kadang di Nagoya, atau Nongsa atau kawasan-kawasan lainnya yang memang terus ramah u tuk pesepeda.

Namun, kali ini kolaborasi menarik dipadu kan dengan aktivitas musik. Kreasi ini memang untuk semakin menggairahkan aktivitas gowes, tak hanya di saat ada matahari, namun juga ketika rembulan bersinar.

Sementara itu, Koordinator B2W, Haryoto mengatakan perpaduan ini juga seakan memadukan manfaat dua aktivitas itu. Intinya membangkitkan mood dan semangat mereka yang terlibat.

“Bersepeda di malam hari itu, bisa mengurangi strees juga meningkatkan kualitas tidur. Demikian juga mendengarkan musik, selain meningkatkan kualitas tidur, juga membangkitkan mood dan motivasi,” kata Haryoto.

Haryoto berharap manfaat-manfaat itu bisa diraih dari aktivitas Melody in Our Wheels. Tentu yang utama adalah memperluas rantai silaturahmi. Bertemu lagi dengan para goweser dan teman baru di antara rutinitas harian.

Haryoto pun menyampaikan, banyak spot di Batam yang bisa dipadukan demgan aktivitas gowes. Ke depan, dia mengajak pesepeda di kawasan itu untuk memperkuat kolaborasi dalam berbagai agenda.

Pada kesempatan itu, Rizal menyampaikan terima masih ya kepada Pos Indonesia, Batamcentre yang mendukung Melody on Our Wheels. Kolaborasi ini menghasilkan banyak manfaat untuk mereka yang hadir. Bahkan ada satu bus pariwisata yang berhenti di kantor pos sebentar untuk menikmati momen ini.

Rizal menambahkan, ke depan, mereka akan mengkolaborasikan gowes malam dengan dunia kopi. Mereka padukan dengan semangat Ride For Coffe n Melody.***