MAN Insan Cendikiawan Batam Juarai Kompetisi Ekonomi Syariah Regional Sumatera

oleh -21 Dilihat
oleh

Batam – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri, mengungkap prestasi utusan dari Provinsi Kepri, pada kompetisi Ekonomi Syariah Nasional 2024 di Regional Sumatera. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Batam berhasil meraih juara pertama dalam Kompetisi Ekonomi Syariah Nasional 2024 di Regional Sumatera Mei 2024.

Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI), R Eko Adi Irianto, Selasa (17/9/2024), sebagai Ketua Dewan Juri dalam KESN 2024 Regional Sumatera mengungkapkan hal itu. Dimana sebelumnya, lima tim dari lima sekolah yang ada di beberapa wilayah Sumatera telah bertanding dalam kompetisi cerdas cermat di bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Lima tim tersebut, MAN Insan Cendekia Batam dari Kepulauan Riau, SMAN 10 Padang dari Sumatera Barat, SMKN 1 Tanjungpinang dari Kepulauan Riau, SMAN 1 Matauli Pandan dari Sumatera Utara, dan SMAN 1 Kuala Tungkal dari Jambi.

Kompetisi ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Sumatera 2024 yang diadakan Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Regional Sumatera.

Posisi pertama berhasil dipertahankan MAN Insan Cendekia Batam dengan jumlah skor 1450, disusul SMAN 1 Kuala Tungkal sebagai Juara 2 dengan skor 1150. Dengan demikian, ke dua tim ini berhak maju ke babak final KESN 2024 di Jakarta pada November mendatang.

“cara ini merupakan bagian dari strategi untuk memperkuat pemahaman seputar literasi ekonomi dan keuangan syariah. Terutama di kalangan anak SMA/SMK/MA. Sebab, tingkat literasi yang masih rendah masih menjadi tantangan kita bersama,” kata Eko.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Riau, Andi Agung, yang turut hadir membuka kompetisi tersebut, mengungkapkan apresiasi dan kebanggaannya kepada seluruh peserta yang mengikuti Lomba Cerdas Cermat KESN 2024 Regional Sumatera ini.

“Kompetisi KESN ini merupakan ajang yang menjadi sarana edukasi, yang harapannya dapat mencetak generasi muda yang unggul di bidang ekonomi syariah. Dinas Pendidikan Provinsi Kepri terus bersinergi bersama Bank Indonesia untuk mendukung terselenggaranya KESN ini,” ujar Andi Agung.***