Li Claudia Sampaikan 15 Program Prioritas Termaksud Pinjaman 20 Juta untuk Modal UMKM

oleh -105 Dilihat
oleh

Batam – Plh Wali Kota Batam, Li Claudia Chandra mengingatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk menjalankan 15 program prioritas kedepan. Kemudian disampaikan jika program, harus sejalan dengan program pemerintah pusat.

Penegasan itu disampaikan Li Claudia Chandra, Senin (24/2/2025) dalam rapat dengan OPD Batam. Ia menyampaikan, agar seluruh program dapat mencakup 15 program prioritas di bawah kepemimpinan Amsakar-Li Claudia, dari berbagai sektor strategis.

Antara lain optimalisasi pengembangan dan pelayanan air bersih, optimalisasi penanganan banjir, pengobatan gratis bagi masyarakat ber-KTP Batam dan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan. Kemudian, pinjaman modal tanpa bunga maksimal Rp20 juta untuk UMKM, seragam sekolah gratis bagi siswa baru tingkat SD dan SMP, bantuan bagi lanjut usia (lansia).

“Termaksud peningkatan kualitas pelatihan tenaga kerja dan industri kreatif serta beasiswa bagi masyarakat hinterland dan siswa berprestasi kurang mampu,” bebernya.

Juga penataan sistem transportasi publik terintegrasi termasuk pengembangan BRT dan pembangunan LRT, percepatan pembangunan jalan lingkar, penyediaan pusat seni dan budaya bagi paguyuban se-Kota Batam, pengelolaan pasokan dan stok kebutuhan pokok, pengelolaan sampah berbasis teknologi ramah lingkungan, pembangunan sekolah baru dan ruang kelas baru, serta peningkatan investasi dan destinasi MICE.

“Semoga sinergi antara pemerintah dan masyarakat semakin kuat untuk mewujudkan Batam sebagai kota yang maju, inovatif, dan berdaya saing tinggi,” tutupnya.

Dalam pemaparan beberapa OPD ditatap muka perdana tersebut, ada beberapa hal yang mendapat perhatian khusus dari Plh. Wali Kota Batam, seperti penanganan sampah agar segera diambil langkah cepat seperti sentuhan teknologi pengolahan sampah, penanganan bangunan bermasalah bersama tim terpadu secara humanis dan taat hukum. Serta pencapaian-pencapaian target RPJMD yang senapas dan sebangun dengan RPJMN.***