Jargas di 167 Kawasan Perumahan Mulai Dibangun PGN

oleh -34 Dilihat
oleh

Batam – Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT PGN Tbk menyasar tiga kecamatan di Batam, untuk tersambung jaringan gas (Jargas). Ditargetkan, hingga tahun 2024 ini, sudah terpasangan jaringan ke 15 ribu pelanggan. Sementara target hingga tahun 2027, sudah terpasang hingga 250 ribu pelanggan.

Sales Head Area PGN Batam, Wendi Purwanto, Kamis (11/7/2024) mengatakan, pihaknya memperluas jaringan di Batam Center, Sagulung dan Batuaji. “Hingga akhir tahun ini, target kita 15 ribu pelanggan di Batam,” kata Wendi.

PGN menjelaskan, saat ini tercatat sudah ada 167 perumahan di  Kota Batam Batam di 3 Kecamatan sudah disiapkan untuk target selesai hingga 2025. Yang terdiri dari 77 perumahan di Kecamatan Batam Kota, 54 Perumahan di Batu Aji dan 36 perumahan di Kawasan Sagulung.

“Saat ini sudah ada 167 perumahan di 3 kecamatan se-Kota Batam,” tegasnya.

Diakui, pihaknya melakukan pembangunan Jargas secara massif, karena target yang dicanangkan tinggi. Sehingga, kedepan saat pemasangan akan mudah menyasar pelanggan.

“Kita upayakan jaringan dulu kita bangun sebelum masuk ke rumah pelanggan. Sehingga, kedepan akan lebih mucah kita capai target pelanggan,” harapnya.

Untuk pemasangan kerumah pelanggan, mereka menargetkan dilakukan pada November 2024 mendatang. “November 2024 mendatang jaringan selesai dan tahun 2025, terpasang jaringan ke rumah warga,” harapnya.

Dijelaskan Wendi, Batam dan Palembang menjadi dua kota yang menjadi proyek percontohan jargas nasional. Namun untuk pemasangan jargas di Batam, PGN masih membatasinya hanya di beberapa kecamatan dulu.

“Untuk warga, persyaratannya juga mudah untuk dipenuhi. Seperti KTP dan rekomendasi dari RT/RW. Pendaftarannya bisa dilakukan secara kolektif, atau sejak jauh-jauh hari sebelum pemasangan dilakukan,” bebernya.***