Investor Masih Terkendala Ijin Dokter Asing Jika Buka  di KEK Kesehatan

oleh -125 Dilihat
oleh

Batam – KPJ Johor, Malaysia, mengkaji kemungkinan membuka layanan rumah sakit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan, Sekupang, Batam. Penjajakan dilakukan dengan melakukan pertemuan dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Walau saat ini, belum ada titik terang, karena larangan praktik dokter asing di Indonesia.

Deputy General Manager Health Tourism KPJ Healthcare, Farah Delah, Kamis (18/7/2024) di kantor perwakilan KJP di Gedung Graha Pena, Batam, mengungkapkan hal itu. “Sudah ada pembicaraan di kita, untuk kesana (masuk KEK Kesehatan Sekupang),” katanya.

Bahkan pihaknya sudah berkunjung ke BP Batam, dan melakukan pertemuan tersebut. Dalam pertemuan itu, BP Batam menyampaikan informasi KEK, sekaligus menawarkan lokasi di KEK Sekupang, jika KJP ingin invest untuk membuka layanan kesehatan.

“Ada tiga alternatif lokasi, untuk membuka layanan kesehatan. Kita akan mengkaji,” jelasnya.

Namun, diakui pihaknya masih ada kendala masuk Batam. Dimana, dibutuhkan regulasi untuk memudahkan dokter atau tenaga kesehatan dari Malaysia, melakukan layanan kesehatan di KEK Sekupang, Batam.

“Kita sudah diundang persentasi di BP Batam, tapi tergantung regulasi di Indonesia. Karena sekarang, belum bisa dokter dari mancanegara praktek di Indonesia,” bebernya.

Saat ini diakui, pasien yang paling banyak yang berobat di Malaysia dari Indonesia. Jika membuka layanan di KEK Kesehatan Sekupang, maka akan membantu masyarakat Kepri, mendapat layanan kesehatan, tanpa menghabiskan biaya untuk menyeberang ke negara tetangga.

“Sekarang, yang ada di Batam, perwakilan KPJ, untuk melayani informasi. Mulai informasi biaya, dokter yang akan menangani dan lainnya. Tindakan medis belum bisa dilakukan di Batam. Disini, perwakilan kita membantu kemudahan untuk mendapat layanan kesehatan di Johor,” imbuhnya.

Sementara Regional CEO Southern Hospital KPJ, En Mohd Azhar Abdullah mengatakan, saat ini pihaknya sudah memberikan banyak layanan kesehatan untuk masyarakat Batam. Termaksud memberikan layanan wisata kesehatan di Malaysia.

“Dalam mengembangkan segmen wisata kesehatan, strategi pemasaran agresif kami terus menunjukkan hasil yang luar biasa seiring kami memperluas jangkauan kami di Asia, kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, Sub-Benua India. Tiongkok, dan Kepulauan Pasifik,”‘ jelasnya.

Disebutkan, KPJ Healthcare Berhad, terus diakui oleh badan akreditasi seperti Masyarakat Malaysia untuk Kualitas Kesehatan (MSQH) dan Joint Commission International (XI). Rumah sakit KPJ telah tersertifikasi Sistem Manajemen Terpadu (IMS) vang mengintegrasikan dan menekankan pada Sister Manajemen Mutu (MS ISO 9001:2015); Linekungan (MS ISO 14001:2015); Sistern Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OHSAS 18001:1999) serta sertifikasi ISO dan SIRIM lainnya.

Warga Batam, Kepri dan Indonesia yang mau berobat ke KP/ Heaithcare di Malaysia dapat menghubung! telephone / whatsapp 08127750800, emall [email protected], atau melalui website www.erameta.id. Kantor RO KPJ Healthcare Berhad dibuka pada Senin- Jumat pukul 07.30 sampai 16.30 WIB Untuk Sabtu buka pukul 08.30-12.00 WIB, Sementara khusus untuk hari Minggu kantor KPJ tutup, namun layanan kesehatan diberikan melalui telepon.(am)