Jefridin Ajak Guru Tingkatkan Kompetensi

oleh -13 Dilihat
oleh

Batam – Guru sebagai tenaga pendidik harus profesional sehingga guru wajib untuk meningkatkan kompetensi. Karena tugas utama seorang guru adalah mengajar, mendidik, mengarahkan, membimbing, menilai, melatih dan mengevaluasi anak didiknya.

“Tugas Bapak/Ibu semua mempersiapkan peserta didik sebagai sosok yang mampu beradaptasi dengan situasi apapun,” ujar Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. saat membuka acara Seminar Nasional How To Be Great Teacher, di Aula Engku Hamidah, Jumat (25/10/2024).

Untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang optimal, guru harus mengembangkan metode pengajaran inovatif. Bertujuan mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan masa depan. Namun diperlukan adanya kolaborasi antara guru dan orang tua.

“Guru perlu mengadopsi pendekatan pendidikan yang holistik. Fokus pada pembangunan karakter, serta memotivasi siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka. Agar anak didik memiliki kreativitas, pemikiran kritis, dan problem-solving skills. Karena ini modal bagi siswa untuk bersaing di era yang terus berubah dengancepat,” pesannya.

Untuk mencapai itu semua, maka guru harus meningkatan kompetensi dengan mengakses sumber informasi. Guru juga dapat memberdayaan perpustakaan untuk sebagai media pembelajaran. Melalui kegiatan bertema “How To Be Great Teacher”, ia berharap guru dapat melahirkan generasi emas 2045.

Adapun narasumber pada kegiatan Seminar Nasional ketua DPP Wira Usaha Muda, Syafii Efendi, MM. Dengan jumlah peserta 370 guru tingkat SD dan SMP di Kota Batam.***