Kadis Kominfo Batam Raih Juara III Nasional Lewat Aplikasi Batam BEDALU

oleh -489 Dilihat
oleh

Batam – Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan meraih juara III tingkat nasional, inovasi perubahan Batam BEDALU (Berinteraksi Dengan Layanan Terpadu). Batam BEDALU merupakan inovasi layanan yang baru diselesaikan tim yang dipimpin Rudi Panjaitan tahun 2024.

Penghargaan diberikan pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II BPSDM Jawa Timur, yang ditutup, Jumat (4/10/24) di aula BPSDM Jawa Timur, Tandes, Surabaya. Penutupan pelatihan dilakukan Deputi Bidang Kajian, Inovasi dan Manajemen ASN LAN RI, Dr. Agus Sudrajat.

Atas prestasi itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Batam, Yusfa Hendri sebagai mentor, menyampaikan selamat. “Kita bangga, dan selamat menerapkan inovasinya di Batam,” kata Yusfa.

Selain prestasi juara III itu, pada pelatihan itu, empat Kadis Batam dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan dan sangat memuaskan. Mereka lulus pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II yang diikuti oleh sebanyak 60 orang pejabat Eselon II dari seluruh Indonesia.

Mereka yang dinyatakan sangat memuaskan, Kadis Kominfo, Rudi Panjaitan, Kadis CKTR, Azril Apriyansyah dan Kadis Pendidikan, Tri Wahyu Rubianto. Sementara dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan, Leo Putra, Kadinsos Kota Batam yang kesemua dimentori, Yusfa Hendri.

Terkait aplikasi Batam BEDALU, dibangun,
untuk membudayakan digitalisasi pelayanan publik di Kota Batam. “Aplikasi ini menghadirkan informasi pelayanan publik di Kota Batam berada dalam genggaman,” kata Kepala Diskominfo Batam, Rudi Panjaitan sebagai project leader dalam program Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II di Surabaya.

Batam BEDELAU diproyeksikan sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengelola TIK terpadu yang mampu menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Batam. Kedepan diharapkan, tersedia unit kerja khusus dalam bentuk BUMD Batam Bedelau yang akan menatakelola Ducting Bersama yang berpotensi menjadi salah satu sumber PAD Kota Batam.

“Dengan adanya upaya ini, Estetika Infrastruktur Jaringan Telekomunikasi semakin tertata rapi dan aman dari gangguan potensi ketidakteraturan jejaring dan sarana prasarana TIK di Kota Batam,” katanya.***