Travel Umrah se-Indonesia Gelar Mukernas di Batam

oleh -201 Dilihat
oleh

Batam – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata, menyambut baik pelaksanaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-1 Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (SAPUHI). Mukernas itu digelar di Planet Holiday Batam para 24-26 September 2024.

“Kami sangat mendukung, ini juga membuat sektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di Batam makin menggeliat,” ujar Ardiwinata, Senin (23/9/2024).

Ardiwinata melanjutkan, Batam menjadi Kota MICE dan berbagai daerah hingga asosiasi menggelar pertemuan di Batam, salah satunya SAPUHI.

“Batam sangat lengkap dengan aksesibilitas, amenitas, dan atraksinya yang sudah mumpuni. Kami juga mengucapkan selamat datang para peserta MUKENAS ke-1 SAPUHI di Kota Batam,” ujarnya.

Untuk diketahui, Mukernas ini merupakan momen strategis bagi SAPUHI untuk merumuskan berbagai langkah penting dalam menghadapi dinamika penyelenggaraan haji dan umrah yang terus berkembang. Selain itu, event ini menjadi ajang memperkuat komitmen bersama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji dan umrah.

Mukernas Ke-1 akan menjadi ajang penyampaian informasi terkini mengenai
penyelenggaraan haji dan umrah, baik dari segi regulasi maupun kebijakan baru dari
pemerintah. Pembahasan juga akan mencakup tantangan yang dihadapi oleh para
penyelenggara haji dan umrah, terutama dalam kondisi pascapandemi, serta peluang-peluang baru yang dapat dioptimalkan.

Laporan Kegiatan dan Evaluasi Program Kerja
Dalam rangkaian acara, akan dipaparkan laporan kegiatan dan program kerja SAPUHI selama satu tahun terakhir. Melalui sesi evaluasi ini, setiap pencapaian dan kendala akan diulas secara rinci guna memperbaiki dan menyusun rencana strategis yang lebih baik ke depannya.

Musyawarah ini juga akan menjadi forum penting untuk menyusun dan merencanakan program kerja SAPUHI untuk tahun 2024-2025. Anggota akan terlibat aktif dalam diskusi mengenai inovasi dan strategi baru yang dapat diimplementasikan guna meningkatkan pelayanan dan memperkuat posisi SAPUHI sebagai mitra terpercaya dalam penyelenggaraan haji dan umrah.

“Jadikan Mukernas ini sebagai momentum untuk mempererat hubungan antara anggota SAPUHI dari berbagai wilayah. Dengan kehadiran anggota dari seluruh Indonesia, ajang ini akan menjadi ruang bertukar pikiran, pengalaman, serta memperkuat sinergi dalam menghadapi tantangan yang ada di sektor penyelenggaraan haji dan umrah,” katanya.

Sepanjang acara, hari pertama akan digelar pembukaan resmi Mukernas, pemaparan informasi terbaru haji dan umrah, serta laporan program kerja.

Kemudian, hari kedua digelar diskusi kelompok dan penyusunan program kerja 2024-2025. Kemudian, hari ketiga, penyerahan rekomendasi dan hasil sidang pleno serta penutupan acara dengan agenda
silaturahmi.

Ketua Umum SAPUHI, Syam Resfiadi menyampaikan bahwa MUKERNAS ini diharapkan dapat memperkokoh komitmen seluruh anggota dalam memberikan pelayanan prima kepada jamaah haji dan umrah. “Di tengah dinamika perubahan regulasi dan tantangan global, sinergi antar penyelenggara menjadi sangat penting. Melalui Mukernas ini, kami ingin memastikan bahwa SAPUHI dan seluruh anggotanya dapat terus beradaptasi dan berkembang, demi
memberikan yang terbaik bagi jamaah,” ujarnya.

“Selain itu, Mukernas ke-1 ini diharapkan juga dapat menjadi wadah yang memperkuat persaudaraan dan jaringan kerja antaranggota. Dengan saling bertukar pengalaman dan wawasan, SAPUHI akan semakin solid dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan,” ujarnya mengakhiri.***