BajaFash Vol.06-Elevate Your Senses Siap Menggebrak Pencinta Jazz Batam 

oleh -35 Dilihat
oleh

Batam – Bertemakan Elevate Your Senses, Batam Jazz and Fashion atau yang biasa disebut dengan Bajafash, akan kembalidigelar ke-6 kalinya di Semar Stage, Panbil Nature Reserve, Eco Edu Park pada tanggal 1 – 3 November 2024 mendatang bertepatan denganlong weekend Hari Raya Deepavali.

Acara yang siap menghadirkan sederatan artis Jazz ternama ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Pariwisata Kepri dan Batam. Tema Elevate Your Senses akan otomatis terjadi dengan kompilasi experiences yang dikemas kreatif oleh kekompakan penyelenggara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata, mengatakan, pihaknya siap mendukung. Ia mengaku, dengan banyaknya event-event tersebut bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman).

“Ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Dan yang penting, ini menjadi obat rindu bagi pencinta musik jazz, bikin mereka terkesan,” pesan Ardi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Bajafash dikemas secara kreatif dengan penyusunan kompilasi line up musisi dan fashion designer yang akan tampil selama dua hari pada tanggal 2 & 3 November 2024.

Puncak acara diharapkan akan menjadi lebih tercapai dengan suasanamelting pot dunia di Batam. Berbagi macam music jazz mulai dari Jazz Choir, Jazz Melayu, Latin Jazz, Indian Jazz dan Mandarin Jazz sertahadirnya bintang bintang tamu dan fashion designer nasional dan internasional.

Juga akan turut menciptakan suasana melting potexperience tersebut. Selain dapat menikmati pertunjukan music Jazz dan fashion show, masyarakat juga dapat merasakan segarnya udara hutanPelawan dimana Bajafash diadakan.
 
Selain itu kegiatan interaktif gembira dan edukatif yang mewakilibeberapa sub sektor ekonomi kreatif dan lingkungan juga akan digelar, baik dalam bentuk lomba, workshop serta talkshow untuk semua usia.UMKM binaan Bank Indonesia (BI) Kepri bersama Asosiasi PHRIBatam dan juga para fashion designer Bajafash juga kembali ikut ambilbagian menyemarakkan acara selama 3 hari, dimulai tanggal 1 November sampai dengan tanggal 3 November 2024 dalam bentuk pop up shop dan bazaar.
 
“Tahun ini merupakan tahun ke-tiga event Bajafash diadakan dengankonsep ramah lingkungan,” katanya.

Menurut Indina Putri Fadjar selaku Founder & Principal Komunitas Bajafash, kolaborasi dengan komunitas pencintalingkungan yaitu World Clean Day (WCD), Bajafash mantapberkomitmen menuju konsep zero waste event seutuhnya denganmengupayakan atau meminimalisir sampah yang terbuang ke landfill dengan sia-sia. WCD merupakan gerakan bersih-bersih sedunia yang tidak hanya melakukan aksi cleanup sekali setahun tetapi juga sebagaisustainable-even waste management.

“Langkah nyata yang akan kita lakukan sebagai bentuk kepedulian lingkungan selama acara berlangsung,” sebutnya.

Antara lain mendonasikan semua jenis sampah plastik, sampah makanan akan dijadikan biopori di lokasi event Bajafash. Sampah kertas akan didaur ulang menjadi product baru, puntung rokokakan terkumpul terpisah dengan sampah2 lain.

“Dan akan didaur ulangserta sampah kulit buah akan dijadikan eco enzyme.” ujar Indina.
 
Selain pihak Bajafash, pihak Panbil Hospitality Group yang merupakanpihak pengelola lokasi Semar Stage Panbil Nature Reserve, Eco Edu Park menyatakan turut mendukung event Bajafash yang sebelumnyatelah diadakan pada tahun 2023 yang lalu di lokasi yang sama. Diharapkan bahwa Semar Stage yang terletak di tengah-tengah hutanPelawan ini dapat menjadi salah satu lokasi unik yang dapatdipergunakan untuk konser musik dan budaya di Batam ke depannyadengan kapasitas mencapai hingga 1.000 orang.
 
Penjualan tiket pre sale sudah dilaunching dan dapat dibeli di aplikasiTiket.com yang merupakan Official Ticket Partner Bajafash 2024. Dengan harga early bird Rp 250.000 per orang, masyarakat dapat segeramembeli langsung melalui Tiket.com sebelum harga normal Rp 350.000 per orang diberlakukan.
 
Harapan pihak penyelenggara, dengan dukungan dari seluruhmasyarakat Kota Batam, para stakeholder serta pemerintah, dapatbersama-sama mensukseskan event Bajafash yang merupakan sebuahkonsep acara entertainment dan edukatif satu satunya di dunia serta bisaturut menggaungkan keistimewaan dan kenyamanan Kota Batam kemanca negara.***