Jaga Netralitas ASN di Pilkada Serentak 2024, Kepala Daerah Se-Indonesia Deklarasi

oleh -35 Dilihat

Batam – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia, menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakoornas) Kesiapan Kepala Daerah Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, di Ecovention Ancol Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Rakornas ini dihadiri seluruh gubernur, bupati/wali kota, Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia. Dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Batam Yusfa Hendri.

“Rakoornas ini bertujuan menyikapi pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota,” ujar Yusfa di Jakarta.

Untuk itu, lanjutnya, Bawaslu mengajak kepala daerah se-Indonesia, bersama-sama berperan aktif menjaga netralitas ASN agar kualitas demokrasi menjadi lebih baik pada pemilihan kepala daerah tahun 2024 ini.

“Pemerintah Kota Batam sendiri menyambut baik acara ini. Kami pun siap menjaga netralitas ASN pada pilkada serentak nanti,” tegasnya.

Hadir sebagai narasumber, dari Bawaslu RI, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Kepegawaian Negara, dan dari Mabes Polri.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam sambutannya, sekaligus membuka Rakornas, berharap seluruh Bawaslu provinsi, kabupaten, dan kota segera melakukan koordinasi langsung dengan pejabat pembina kepegawaian di seluruh daerah.

Tidak terganggu oleh tahapan pendaftaran, kampanye, dan pemungutan serta penghitungan suara.

“Ini yang kami harapkan. Kita terus berkoordinasi dan sosialisasikan bersama-sama. Semoga pemilihan kepala daerah dapat kita lakukan dengan baik,” ujarnya.

Rakoornas di akhiri dengan pengucapan deklarasi kepala daerah, menjaga netralitas ASN pada pilkada serentak tahun 2024.***